Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Event Pendidikan

SMA Labschool UNESA Usung Tema ‘Sekolah Menuju 100% Digital’ di Pameran Pendidikan SMA-SMK 2019 Surabaya

perpustakaan digital media pembelajaran digital
sma labschool unesa surabaya sekolah menuju 100% digital

Para guru SMA Labschool UNESA Surabaya di booth Pameran Pendidikan SMA-SMK 2019.

Pada acara Pameran Pendidikan SMA-SMK, 10-12 Januari 2019 di JX International Convention Surabaya, SMA Labschool UNESA Surabaya membuktikan diri sebagai sekolah yang berorientasi pada inovasi pendidikan. Terdapat dua produk informasi teknologi terbaru yang ditampilkan di acara pameran tersebut di booth SMA Labschool, yaitu KIPIN ATM dan PTO (Pendidikan Tryout Online). Kedua produk teknologi ini untuk merealisasikan program ‘Sekolah Menuju 100% Digital’ yang sedang digalakkan oleh SMA Labschool.

KIPIN (Kios Pintar Digital) berbentuk seperti mesin ATM berisi ribuan buku pelajaran sekolah terbitan Kemendikbud, video pendidikan berbasis kurikulum 2013, latihan soal dan komik literasi. Keunggulan lainnya ialah KIPIN ATM tidak membutuhkan jalur internet untuk digunakan, melainkan hanya butuh aliran listrik saja. KIPIN ATM juga dilengkapi dengan wifi internal yang dinamakan “KIPIN eduSPOT”, berfungsi agar semua data dalam KIPIN ATM dapat diunduh secara GRATIS tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet.

media pembelajaran digital teknologi edukasi

Siswa SMA sekolah lain mengunjungi booth SMA Labschool dan mencoba mengoperasikan KIPIN ATM.

PTO (Pendidikan Tryout Online) merupakan sistem digitalisasi pelaksanaan latihan dan ujian di sekolah. SMA Labschool sudah menerapkan sistem PTO dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga tidak lagi menggunakan kertas untuk ujian atau pun latihan. Penggunaan kertas telah beralih menjadi sistem online dengan media digital seperti smartphone, tablet dan PC.

Pemanfaatan sistem PTO dapat memberikan keuntungan ganda bagi sekolah, guru sekaligus siswa. Sekolah dapat menghemat biaya pengeluaran, karena tidak lagi mencetak dan meng-copy berkas ujian, serta sangat efisien dalam penyimpanan naskah soal. PTO meringankan kerja guru dalam menghitung dan memantau hasil nilai siswa. Sistem unduh nilai dapat dilakukan dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan grafik dan statistik untuk menganalisa hasil siswa. Perhitungan nilai juga akan lebih akurat dan menghemat waktu.

Bagi siswa generasi milenial, akses ujian melalui gadget atau PC juga akan terasa lebih menarik karena memang teknologi digital adalah dunia mereka. Selain itu, tampilan PTO sudah didesain mirip dengan tampilan ujian UNBK. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa, agar mereka dapat beradaptasi sejak dini dengan kondisi ujian UNBK mendatang.

media pembelajaran digital perpustakaan digital

Dewi Purwati berfoto dengan KIPIN ATM di booth Pameran Pendidikan SMA-SMAK 2019 Surabaya.

Kepala Sekolah SMA Labschool Surabaya, Dewi Purwati mengatakan bahwa SMA Labschool selalu berinisiatif memanfaatkan teknologi informasi terbaru untuk kemajuan pendidikan. Dalam pameran tersebut, SMA Labschool juga membuka diri bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke booth untuk mengenal SMA Labschool atau KIPIN secara lebih mendalam.

“Banyak siswa SMP, siswa SMA sekolah lain dan masyarakat umum yang datang ke booth kami. Sebagian besar karena mereka tertarik dengan KIPIN, dan ada pula yang datang untuk mencoba mengerjakan tryout melalui website tryoutonline.id,” ungkapnya. Dewi tidak menduga bahwa ternyata masih ada banyak siswa yang antusias belajar, dibuktikan dengan ramainya KIPIN ATM dan tryoutonline.id. “Semoga fasilitas teknologi KIPIN dan tryout ini di sekolah kami, juga akan memberikan semangat yang sama kepada murid-murid untuk belajar,” harapnya.

Most Popular

To Top