Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

Pendekatan Menarik untuk Generasi Milenial ala Streetizens, Serunya Belajar Menggunakan Teknologi Digital

generasi milenial streetizens unicef

Anak milenial, generasi yang lahir di era digital saat ini, merupakan generasi yang cenderung suka hal-hal praktis, kreatif dan menarik. Generasi milenial tidak lagi menyukai hal-hal yang monoton dan tidak sesuai dengan dunia mereka, contohnya seperti belajar menggunakan buku cetak. Artinya, pendekatan kepada generasi milenial juga harus diubah menjadi lebih modern dan dinamis. Salah satu komunitas sosial yang bermarkas di Jakarta, Streetizens, menyadari hal ini.

Streetizens adalah komunitas sosial di bawah naungan organisasi UNICEF yang berperan untuk membantu anak-anak kurang beruntung, baik dari segi sandang, pangan dan terutama pendidikan. Streetizens terdiri dari muda-mudi usia milenial, dan komunitas ini menjadi wadah bagi mereka untuk mengekspresikan diri melalui karya sosial. Salah satu misi yang berfokus pada segi pendidikan yaitu untuk meningkatkan literasi anak dan memerangi kesenjangan pendidikan.

teknologi edukasi kunjungan sosial, misi pendidikan

Anggota Streetizens saat mengoperasikan KIPIN ATM.

Dalam menjalankan misi pendidikannya, Streetizens memanfaatkan KIPIN ATM sebagai sarana belajar yang menarik dan modern bagi anak-anak. KIPIN ATM menjadi perlengkapan yang wajib dibawa saat komunitas akan menyelenggarakan kunjungan sosial-pendidikan ke berbagai tempat atau daerah. Para pejuang Streetizens ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak disadvantage tersebut untuk menikmati serunya belajar santai menggunakan teknologi digital, sekaligus untuk mengenal teknologi digital secara lebih mendalam.

KIPIN ATM merupakan mesin digital yang berisi ribuan konten pembelajaran digital, meliputi buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan anak-anak bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

Pendekatan pendidikan melalui KIPIN ATM ini dilakukan agar dapat membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar, karena menggunakan cara baru melalui teknologi digital. Selain itu, materi-materi pelajaran terutama komik literasi yang gratis juga sangat dibutuhkan dalam perjalanan misinya. Streetizens juga ingin mengajak anak-anak membaca komik pendidikan, dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi pada anak.

Program KIPIN ATM Streetizens merupakan bentuk program CSR pendidikan yang sangat nyata dirasakan efeknya. Pendekatan yang kreatif dan atraktif bagi anak-anak, serta lebih mudah mendapatkan bahan belajar gratis kapan dan di mana pun. Sudah banyak perusahaan baik BUMN maupun swasta yang memanfaatkan KIPIN ATM sebagai alat pendukung program CSR-nya. Karena pendidikan adalah jembatan utama dalam mengatasi dan mengurangi kemiskinan di Indonesia. Pendidikan adalah yang paling fundamental untuk mengubah mental anak-anak sedari kecil. Yuk bersama KIPIN ATM, majukan pendidikan dan selamatkan generasi penerus bangsa! (wr: ita, ed: lia)

Info lanjut tentang:
KIPIN ATM, kunjungi kipin.id
Streetizens, kunjungi www.streetizens.com

Most Popular

To Top