Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaCSR PendidikanPT Bumi Resources Tbk Gunakan KIPIN ATM Sebagai Program CSR Pendidikan untuk...

PT Bumi Resources Tbk Gunakan KIPIN ATM Sebagai Program CSR Pendidikan untuk Bantu Pemerataan Pendidikan

PT Bumi Resources Tbk sebagai perusahaan pertambangan yang berkembang pesat, turut bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan Indonesia. Salah satu program CSR yang khusus diadakan untuk mendukung pendidikan Indonesia yaitu pemberian Bantuan Alat Pendidikan KIPIN ATM kepada sekolah-sekolah kurang mampu. Enam sekolah pertama yang terdaftar menjadi penerima bantuan CSR KIPIN ATM di antaranya SDN Sukasejati 01 dan SDN Sukasejati 02 Cikarang Selatan; SDN Cikedokan 02, SDN Danau Indah 01 dan SDN Mekarwangi 04 Cikarang Barat; serta SDN Cibuntu 06 Cibitung, Kabupaten Bekasi.

SDN Cikedokan 02 pemerataan pendidikan
Penyerahan KIPIN ATM di SDN Cikedokan 02 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Penyerahan KIPIN ATM dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama pada 28 Februari 2019 untuk SDN Sukasejati 01 dan SDN Sukasejati 02 Cikarang Selatan, serta SDN Cikedokan 02 Cikarang Barat. Bpk Tofan selaku pelaksana program CSR PT Bumi Resources bersama dengan tim Pendidikan.id sebagai pengembang KIPIN ATM, mewakili proses penyerahan kepada masing-masing sekolah. Sedangkan proses penyerahan tahap kedua untuk tiga sekolah lainnya akan segera dilaksanakan menyusul.

KIPIN ATM merupakan mesin yang berisi ribuan konten pembelajaran digital, meliputi buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

SDN Sukasejati 01 solusi kesenjangan pendidikan
Penyerahan KIPIN ATM di SDN Sukasejati 01 Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Program pemberian KIPIN ATM oleh PT Bumi Resources Tbk ini bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar di sekolah, agar menjadi lebih mudah, murah, cepat dan modern sesuai dengan perkembangan teknologi. Tofan menyampaikan alasan mengapa perusahaan memilih KIPIN ATM sebagai alat bantuan CSR. “Pemerataan pendidikan Indonesia belum tercapai. Masih banyak sekolah dengan anak-anak kurang mampu yang belum bisa mendapatkan pasokan materi pelajaran yang cukup. Dengan KIPIN ATM mereka bisa mengunduh semua konten yang dibutuhkan sekaligus dengan video penjelasan dan komik literasi,” jelasnya.

Menurut Tofan pemerataan pendidikan bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun juga perusahaan dan masyarakat. Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk menuntaskan masalah ketimpangan pendidikan. Tofan menilai pokok permasalahan yang utama sebenarnya adalah keterbatasan akses, di mana siswa tidak bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan untuk belajar. Faktornya bisa karena daerah tersebut sulit dijangkau oleh transportasi, atau memang karena faktor ekonomi. “Namun dengan teknologi digital KIPIN ATM, konten-konten itu bisa didapatkan gratis. Yang di pelosok pun tetap bisa update dengan materi yang mereka butuhkan,” ungkap Tofan.

SDN Sukasejati 02 solusi masalah pendidikan
Penyerahan KIPIN ATM di SDN Sukasejati 02 Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Asep Supardi wakil kepala sekolah SDN Cikedokan 02 Cikarang Barat mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar akan menjadi seru dan menarik bagi siswa dengan kehadiran KIPIN ATM. “Ini adalah cara baru untuk belajar. Tidak dengan buku cetak, namun tinggal download saja ke smartphone atau diakses langsung melalui KIPIN ATM-nya. Semoga Pendidikan.id terus mengembangkan inovasinya untuk dunia pendidikan, sehingga dapat menjadi solusi masalah pendidikan di Indonesia selama ini,” harap Asep.

PT Bumi Resources Tbk merupakan salah satu perusahaan tambang yang beroperasi di daerah pulau Kalimantan. Program-programm CSR yang dilakukan selama ini tak hanya di bidang pendidikan, namun juga di bidang kesehatan, kebersihan dan infrastruktur. Tahun 2019 PT Bumi Resources Tbk menggunakan KIPIN ATM sebagai alat bantu CSR di bidang pendidikan dengan tema tujuan “teknologi digital untuk pemerataan pendidikan.” (wr: ita, ed: lia)

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments