Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

KIPIN ATM Realisasikan Keinginan Siswa SDN Mekarwangi 04 Bekasi untuk Belajar Melalui Video Pendidikan Gratis

CSR pendidikan pemerataan pendidikan di indonesia

Program CSR pendidikan PT Bumi Resources Tbk terus berlangsung. KIPIN ATM sebagai alat CSR telah diserahkan ke beberapa sekolah, kini saatnya bagi SDN Mekarwangi 04 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. PT Bumi Resources Tbk menyumbangkan KIPIN ATM kepada SDN Mekarwangi 04 untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar, agar menjadi lebih mudah, murah, cepat dan modern sesuai dengan perkembangan teknologi. Serah terima dilakukan pada Kamis (11/04/2019) oleh perwakilan PT Bumi Resource Tbk Bpk Tofan, didampingi tim Pendidikan.id sebagai pengembang KIPIN ATM kepada kepala sekolah SDN Mekarwangi 04 Hadijah Supriatin.

KIPIN ATM merupakan mesin yang berisi ribuan konten pembelajaran digital, meliputi buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

PT Bumi resources Tbk SDN Mekarwangi 04

Tim Pendidikan.id (kiri) memberikan pelatihan kepada guru-guru SDN Mekarwangi 04 Bekasi tentang cara mengoperasikan KIPIN ATM.

Hadijah Supriatin mengaku senang dapat menerima bantuan KIPIN ATM untuk proses pembelajaran di sekolah. Menurutnya, keberadaan KIPIN ATM akan sangat membantu para siswa dalam mendapatkan buku dan video pendidikan pendukung belajar siswa. “Saat ini sedang tren belajar menggunakan video pembelajaran, namun banyak siswa yang mengeluh karena video-video tersebut berbayar. Jadi kami sangat berterimakasih apabila sekarang kami bisa memiliki KIPIN ATM, mesin yang menyediakan ribuan video pendidikan gratis apalagi tidak perlu kuota internet untuk mendownloadnya,” ungkapnya.

Indah perwakilan tim Pendidikan.id menjelaskan bahwa video pendidikan dalam KIPIN ATM disusun sesuai dengan kurikulum 2013, dan disampaikan oleh para guru sekolah di Indonesia yang kompeten dan berpengalaman. Ribuan video pendidikan itu dapat diunduh gratis melalui KIPIN ATM, untuk dimanfaatkan siswa belajar mandiri kapan dan di mana saja. “Tapi lebih dari itu, video pendidikan juga bisa digunakan sebagai sarana belajar siswa di kelas dengan sistem nobar atau nonton bareng, untuk menggantikan guru yang sedang tidak masuk,” papar Indah.

Konten-konten pembelajaran lain dalam KIPIN ATM juga tidak kalah pentingnya dari video pendidikan. Ribuan koleksi buku pelajaran sekolah, belasan ribu soal lengkap untuk tiap bab mata pelajaran tiap jenjang kelas, dan ratusan komik literasi dengan berbagai seri pengetahuan. Semuanya dinilai menarik dan sangat bermanfaat untuk mendukung kemudahan proses belajar siswa. “Guru dan siswa akan sangat banyak terbantu, karena tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli buku paket dan bank soal. Semoga setiap sekolah yang tidak mampu dan sekolah di pelosok-pelosok daerah bisa mendapatkan KIPIN ATM, demi pemerataan pendidikan Indonesia,” harap Hadijah.

KIPIN ATM merupakan pilihan tepat untuk program CSR perusahaan khususnya pada bidang pendidikan, karena masa depan cerah anak-anak adalah aset bangsa yang tidak ternilai harganya. Efisiensi dan kemudahan digital menjadi poin utama karena dengan KIPIN ATM, sekolah akan lebih mudah mendapatkan akses belajar dengan banyak sekali materi pelajaran yang tersedia. KIPIN ATM sangat cocok digunakan untuk daerah pelosok, yang tidak terjangkau internet sekalipun. (wr: ita, ed: lia)

Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id atau hubungi via email ke info@pendidikan.id.

Most Popular

To Top