Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

SDN Danau Indah 01 Bekasi Kini Manfaatkan KIPIN ATM Sebagai Penyedia Materi Pelajaran Gratis

PT Bumi Resources CSR Pendidikan SDN Danau Indah 01 Bekasi

Sebagai implementasi tanggung jawab perusahaan kepada pendidikan Indonesia, PT Bumi Resources Tbk menyumbangkan KIPIN ATM kepada beberapa sekolah. Salah satunya yaitu SDN Danau Indah 01 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Serah terima dilakukan pada Kamis (11/04/2019) oleh perwakilan PT Bumi Resource Bpk Tofan, didampingi tim Pendidikan.id sebagai developer KIPIN ATM kepada kepala sekolah SDN Danau Indah 01 Ajo Sutarjo. Program pemberian KIPIN ATM ini bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar di sekolah, agar menjadi lebih mudah, murah, cepat dan modern sesuai dengan perkembangan teknologi.

KIPIN ATM merupakan mesin yang berisi ribuan konten pembelajaran digital, meliputi buku pelajaran sekolah, video pembelajaran, latihan soal dan komik literasi. Semua konten tersebut dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT). Bahkan para siswa dan guru bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke smartphone masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang ada di smartphone bisa diakses kapan dan di mana saja secara offline pula.

CSR pendidikan daerah 3T

Pelatihan penggunaan KIPIN ATM dari tim Pendidikan.id kepada guru-guru SDN Danau Indah 01 Bekasi

Selain agenda serah terima, Pendidikan.id juga memberikan pelatihan cara mengoperasikan KIPIN ATM kepada guru dan siswa SDN Danau Indah 01 Bekasi. Para guru dan siswa terlihat sangat antusias dan tertarik untuk menggunakan KIPIN ATM sebagai sarana belajar. Satu persatu mencoba untuk mengunduh konten-konten pembelajaran seperti video atau komik, lalu menyimpannya dalam smartphone agar dapat diakses kapan saja. “Wah keren sekali, ini teknologi yang memudahkan guru dan murid. Nggak beli buku tidak masalah, cukup download dari KIPIN ATM,” celetuk salah satu guru saat tengah diberikan pelatihan.

Dijuluki sebagai perpustakaan digital, KIPIN ATM memang sangat bermanfaat untuk menyediakan materi pelajaran bagi para siswa dengan cepat dan gratis. Siswa ataupun guru tidak perlu menggunakan internet ataupun kuota, tidak perlu merogoh kocek dan tidak perlu repot ke toko untuk mencari materi pelajaran. Karena penggunaannya yang sederhana inilah, KIPIN ATM pun sangat cocok untuk digunakan di mana saja termasuk daerah pelosok atau 3T. Pendidikan di daerah 3T selama ini masih tertinggal, karena keterbatasan akses masuk buku cetak dan internet. Namun dengan KIPIN ATM, proses pendidikan daerah 3T dapat terus berjalan selaras dengan pendidikan di perkotaan.

Dalam pidatonya, Ajo Sutarjo menyampaikan terima kasih kepada pihak PT Bumi Resources sekaligus harapan yang ingin dicapai dengan adanya bantuan KIPIN ATM. “Esok kami akan mulai menyosialisasikan kedatangan teknologi baru KIPIN ATM ini kepada seluruh siswa.  Semoga dengan adanya KIPIN ATM, siswa jadi lebih semangat belajar dan tidak ada lagi alasan tidak bisa membeli buku untuk belajar. Kami rasa siswa juga akan sangat senang karena ada video pendidikan yang bisa menjadi guru kedua mereka,” ujar Ajo.

Sudah banyak perusahaan baik BUMN maupun swasta yang menggunakan KIPIN ATM sebagai sarana program CSR pendidikan. KIPIN ATM cocok untuk sekolah, perpustakaan, rumah sakit, hotel, taman ataupun tempat wisata publik karena pendidikan tidak terbatas oleh ruang. Dengan teknologi, siswa bisa belajar kapan dan di mana saja. Info lebih lanjut tentang KIPIN ATM, kunjungi kipin.id atau hubungi info@pendidikan.id. (wr: ita, ed: lia)

Most Popular

To Top