Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

Pendidikan.id Perluas Kerjasama, Kini dengan SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo

Berpayung pada tujuan memajukan pendidikan Indonesia, pendidikan.id memperluas kerjasama agar dapat menghasilkan karya-karya yang lebih bemutu. Kali ini, Pendidikan.id menggandeng SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo sebagai partner dalam membuat video pembelajaran. Pihak SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo bersedia memberikan materi pembelajaran, sementara Pendidikan.id yang akan mengolahnya menjadi video.

Perjanjian kerjasama ini diawali dengan dua hari pengambilan video oleh Pendidikan.id di SD Pembangunan Jaya 2. Selama dua hari, 29 – 30 Maret 2017, ada sepuluh episode pembelajaran yang direkam untuk kemudian dikemas menjadi video-video edukasi. Jenis pelajaran yang disuguhkan bermacam-macam, mulai dari tematik, bahasa inggris, matematika hingga pendidikan jasmani atau olahraga.

Pelajaran Tematik Kelas Tiga yang Dilakukan di Taman

Proses belajar-mengajar tidak terbatas pada ruang kelas, bahkan bisa dilakukan di luar kelas seperti taman dan lapangan. Misalnya pada pelajaran tematik, para diajak untuk memanfaatkan taman sebagai tempat belajar yang menyenangkan. Tak hanya sekedar memindahkan papan tulis dan bangku ke taman untuk belajar mengajar, tapi juga melakukan kegiatan praktik seperti mengamati tumbuhan, atau membersihkan kebersihan taman. Selain untuk menciptakan suasana yang berbeda, belajar di taman juga meningkatkan kedekatan anak pada suasana alam.

Suasana Kondusif dalam Pelajaran Matematika Kelas Enam di Kelas

“Apalagi di era digital, siswa lebih suka menghabiskan waktu di depan gadget ketimbang bermain dengan alam. Maka kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti ini menjadi sangat penting, agar siswa lebih mengenal alam,” jelas Lina Sam Raidha, guru pelajaran tematik.

Kegiatan belajar-mengajar di kelas tentunya juga penting, terutama untuk meningkatkan konsentrasi siswa dalam suasana yang kondusif. Suasana kondusif berarti suasana yang nyaman digunakan untuk belajar. “Bagaimanapun, ruang kelas tetap pilihan terbaik untuk belajar, karena nyaman, dingin dan tidak bising atau terganggu dengan debu dan sampah,” ujar Lina.

Pengambilan Gambar untuk Video Lomba Kader UKS

Para guru dan siswa terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan belajar-mengajar yang secara khusus direkam oleh tim pendidikan.id. Sambutan hangat dari pihak sekolah, mulai guru hingga siswa begitu terasa sejak tim pendidikan.id memasuki ruang-ruang kelas. Bahkan, segala kelengkapan seperti materi dan alat peraga untuk pembelajaran, telah disiapkan sehari sebelumnya.

Namun tak hanya membuat video pembelajaran di kelas, tim Pendidikan.id juga membantu pembuatan video siswa-siswa kader UKS, yang nantinya akan dilombakan ke tingkat nasional. Saat ini, SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo sedang mengikuti lomba membuat video sosialisasi kesehatan kader UKS tingkat nasional. Materi video yang dilombakan yakni mengenai macam-macam bahaya yang seharusnya dihindari oleh remaja, seperti rokok, narkoba, kehamilan pra-nikah, dsb.

Kerjasama antara Pendidikan.id dengan SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo dijalin berdasarkan satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia selaras dengan berkembangnya teknologi. “Dengan kerjasama ini, saya berharap pendidikan Indonesia bisa semakin maju ditengah majunya perkembangan teknologi. Selain itu, diharapkan juga adanya proses saling menolong atau melengkapi antar kedua belah pihak,” harap Sombo Duli, Business Development Staff dari Pendidikan.id. (wr/ed: Lia)

Siswa Kelas Lima Bersama Pendidikan.id Saat Pelajaran Olahraga

Siswa Kelas Enam Bersama pendidikan.id Saat Pelajaran Tematik

Most Popular

To Top