Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

Peresmian Kios Pintar (Kipin) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Wonosobo

Peresmian Kipin di Apusda Kabupaten Wonosobo
Sumber: kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com
Peresmian Kipin di Apusda Kabupaten Wonosobo
Sumber: kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com

Digitalisasi perpustakaan bukan merupakan hal yang mustahil untuk dapat diwujudkan di seluruh daerah di Indonesia, bahkan hingga daerah 3T sekalipun. Dimulai dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Wonosobo meresmikan sebuah Kios Pintar yang dinamakan Kipin School 4.0 sebagai salah satu alat untuk membantu digitalisasi perpustakaan pada Selasa 14 September 2021.

Aplikasi Kipin School 4.0 pada Kipin
Aplikasi Kipin School 4.0 pada Kipin

Kipin yang merupakan singkatan dari Kios Pintar, merupakan sebuah mesin mirip ATM yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah (Kemendikbud), Video Pembelajaran (Kurikulum 13), Latihan Soal, dan juga komik literasi Pendidikan untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Kipin tidak membutuhkan jalur internet sama sekali, dan hanya membutuhkan jalur listrik saja sehingga dapat dipakai dimana saja. Kipin dilengkapi dengan eduspot sehingga pengunjung dapat mendownload konten pada kipin sebanyak banyaknya dengan gratis. Selain itu, konten yang telah didownload akan tetap dapat diakses berkali kali tanpa jalur internet. Hal ini dikarenakan pada Kipin dilengkapi teknologi Download and Go.

Peresmian Kipin sebagai Fasilitas Masyarakat di Arpusda Kabupaten Wonosobo
Sumber : diskominfo.wonosobokab.go.id
Peresmian Kipin sebagai Fasilitas Masyarakat di Arpusda Kabupaten Wonosobo
Sumber : diskominfo.wonosobokab.go.id

Adanya Kios Pintar merupakan sebuah perwujudan kolaborasi LPTP Wonosobo dan LPTP Solo. Acara peresmian penggunaan Kios Pintar tersebut dihadiri oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan tentunya Kepala Dinas Arpusda yaitu DR Musofa.

Dilansir dari Kabar Wonosobo, Afif mengatakan “aplikasi KIPIN yang dapat diunduh di Google Playstore ini, buah dari pemikiran kreatif anak-anak bangsa yang ingin turut berpartisipasi dalam memajukan Pendidikan di Indonesia. Saya bersyukur Arpusda Wonosobo dapat menyediakan perangkatnya untuk digunakan oleh para pengunjung perpustakaan”

Dengan adanya Kios Pintar, Bupati Wonosobo optimis bahwa para pelajar dapat mengejar ketertinggalan akibat sistem pembelajaran daring yang selama ini diterapkan semasa pandemi Covid-19. Afif Nurhidayat mendorong kepada jajaran Arpusda agar Kipin tidak hanya sebatas fasilitas pengunjung saja, namun dapat disosialisasikan agar pengunjung dapat mengunduh sehingga bisa bermanfaat dan digunakan saat mereka berada di rumah maupun sekolah.

Kepala Dinas Arpusda yaitu DR Musofa, menyebut bahwa aplikasi Kipin School 4.0 sangat membantu sekolah untuk bisa mendapatkan materi pelajaran lengkap sesuai dengan Kurikulum Pendidikan 2013 dengan data yang akan terus diupdate. Tidak hanya itu, siswa dan guru akan mendapatkan kemudahan lainnya karena bisa mendapat data-data terbaru secara cuma-Cuma.

Musofa berharap agar sekolah dapat menerapkan metode pembelajaran terbaru, yakni belajar bukan sekedar membaca buku, namun diperkuat dengan audio visual, Latihan soal, serta literasi Pendidikan yang dapat menstimulasi penyerapan materi pelajaran yang lebih maksimal pada era digital.

Info selengkapnya tentang Kipin ATM & Kipin School silahkan kunjungi
http://kipin.id

Kios Pintar oleh Pendidikan.id
Kios Pintar oleh Pendidikan.id

Most Popular

To Top