Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Tips-tips Pendidikan

Sekarang Saatnya Sekolah Terapkan Sistem Digitalisasi!

digitalisasi pendidikan, media pembelajaran digital

Hampir sebagian besar kegiatan manusia saat ini dilakukan dengan bantuan teknologi digital, mulai dari kegiatan komunikasi, transaksi jual beli, perbankan, media massa hingga pembayaran. Bahkan bukannya tidak mungkin jika segala aspek kehidupan manusia nantinya akan sepenuhnya terdigitalisasi. Sesuai dengan tujuan diciptakannya, penggunaan teknologi digital memang ditujukan untuk meringankan pekerjaan manusia. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa terhalang jarak, bisa dilakukan dari mana dan kapan saja.

belanja-online

Ilustrasi kemudahan transaksi via online. (sumber gambar: https://bogor.net/2018/08/cara-menghindari-penipuan-saat-berbelanja-online-yuk-di-simak/)

Teknologi digital diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, yang seharusnya bisa diterapkan pula pada dunia pendidikan. Namun sayangnya sebagian masyarakat Indonesia belum melek teknologi dan belum mau beranjak dari kebiasaan lama, padahal sarana teknologi digital yang mendukung proses pembelajaran di kelas kini sudah tersedia. Contohnya yaitu KIPIN School 4.0 yang merupakan aplikasi berisi buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal, komik literasi dan sistem ujian online untuk sekolah SD, SMP hingga SMA/K. Aplikasi KIPIN School dapat diakses melalui PC (komputer / laptop), tablet maupun smartphone. Hanya dengan satu perangkat saja, setiap siswa sudah bisa memiliki ribuan konten pembelajaran untuk dibawa ke mana pun.

Buku pelajaran sekolah dan latihan soal yang ada di dalam KIPIN School dapat menggantikan buku paket serta latihan soal dalam bentuk cetak. Ditambah dengan video pendidikan sebagai penjelas saat siswa belum memahami materi, komik literasi sebagai bahan bacaan siswa di waktu senggang, dan sistem ujian online yang dapat digunakan sekolah untuk melaksanakan ujian harian, tengah atau akhir semester. Sekolah tidak perlu lagi menggunakan ratusan rim kertas untuk ujian, karena ujian diselenggarakan secara online melalui aplikasi KIPIN School. Guru menginput soal ke dalam aplikasi untuk selanjutnya dikerjakan oleh siswa.

Lantas, mengapa sistem digitalisasi ini harus diterapkan oleh sekolah? Berikut rangkuman alasannya!

1. Mengurangi beban biaya siswa untuk membeli buku pelajaran, buku latihan soal dan bimbingan belajar. Ribuan buku pelajaran, latihan soal dan video pendidikan yang dibutuhkan pelajar semua tingkat sudah ada dalam satu aplikasi KIPIN School. Konten juga akan terupdate secara otomatis, sehingga siswa tidak perlu lagi repot mencari dan membeli buku. Jika belum paham dengan apa yang dijelaskan guru, siswa bisa belajar sendiri melalui video pendidikan yang bisa diputar secara berulang kali.

2. Meringankan beban bawaan siswa saat ke sekolah, dan mencegah siswa lupa membawa buku. Semua buku dan konten pembelajaran yang dibutuhkan sudah ada dalam satu gadget ringan. Tas ransel siswa bisa diganti menjadi tas selempang ringan yang hanya berisi PC / smartphone dan botol minum. Selain itu, tidak ada lagi alasan buku A / buku B ketinggalan di rumah!

digitalisasi pendidikan, media pembelajaran digital

Kegiatan belajar-mengajar di kelas sepenuhnya menggunakan teknologi digital.

3. Mempermudah akses siswa untuk belajar kapan dan di mana pun. Tidak hanya di sekolah, siswa bisa belajar di mana saja atau sambil berlibur ke luar kota sekalipun. Bahkan siswa juga tetap dapat mengerjakan tugas harian dari guru melalui sistem ujian online KIPIN School, saat siswa sedang tidak masuk sekolah. Semuanya bisa dilakukan praktis dalam satu gadget.

4. Menghemat biaya, waktu dan tenaga guru dalam menjalankan proses pembelajaran terutama saat ujian. Guru tidak perlu mencetak dan memperbanyak kertas ujian, serta memeriksa hasil ujian siswa satu per-satu. Hasil ujian sudah terakumulasi secara otomatis oleh sistem.

5. Teknologi KIPIN School sebagai media pembelajaran digital yang sangat bermanfaat bagi guru. Saat guru sedang berhalangan untuk mengajar, siswa tetap bisa belajar di kelas menggunakan video pendidikan dan latihan soal melalui KIPIN School. Koleksi komik literasi dapat dimanfaatkan sebagai media dalam kegiatan belajar-mengajar, program wajib membaca untuk mendukung literasi atau mungkin sekadar bacaan siswa di waktu senggang.

Namun demikian, alasan paling penting yaitu bahwa sekolah harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi sekaligus memanfaatkannya dengan baik. Seperti yang telah dibahas di awal artikel, bahwa teknologi semakin hari semakin berkembang dan digunakan dalam segala aspek kehidupan manusia. Jika dihindari, maka manusia sendiri yang akan terlindas oleh zaman. Contoh sederhananya yakni transaksi jual-beli yang kini lebih banyak dilakukan melalui online. Jika manusia bersikukuh mengandalkan toko konvensional dan tidak mulai masuk ke ranah online, tentu ia akan merugi karena tidak banyak laku. Sama halnya dengan dunia pendidikan. Jika teknologi sudah tersedia, mengapa tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih mudah dan berhasil?

Info lebih lanjut tentang KIPIN School, kunjungi kipinschool.com.

Most Popular

To Top