Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

CSR Pendidikan

Sekolah Daerah 3T Mampu Bersaing dengan Sekolah Perkotaan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Modern

SMK tridaya harapan sekolah daerah 3T
media pembelajaran digital pendidikan daerah 3T

KIPIN ATM di SMK Tridaya Harapan Kutai Timur.

SMK Tridaya Harapan Kalimantan Timur akhirnya telah memiliki sumber konten pembelajaran digital bagi para siswanya. KIPIN ATM berhasil mendarat di gedung sekolah yang terletak di Desa Pelawan, Kecamatan Sangkulirang, Kutai Timur pada Senin (26/11/2018). Setelah proses pemasangan selesai, KIPIN ATM diletakkan di ruang perpustakaan sekolah. Ruang perpustakaan SMK Tridaya Harapan cukup luas dengan ventilasi udara yang cukup baik, suasananya sangat kondusif untuk digunakan belajar.

Kehadiran KIPIN ATM di SMK Tridaya Harapan bukan karena sebuah kebetulan, melainkan hasil oleh-oleh dari Hidayat saat berburu konten pembelajaran digital ke Surabaya lima bulan yang lalu. Tepatnya pada 04 Juni 2018, Hidayat, kepala sekolah SMK Tridaya Harapan berkunjung ke kantor Pendidikan.id di Surabaya untuk menghimpun informasi tentang Buku Sekolah Elektronik. Kala itu ia mencari konten pembelajaran digital untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun yang bisa digunakan secara offline atau tanpa internet. Ia ingin SMK Tridaya Harapan mampu berdiri sejajar dengan sekolah-sekolah besar di perkotaan, meski terletak di daerah 3T yang sulit dijangkau internet.

perpustakaan digital pendidikan daerah 3T

Para siswa SMK Tridaya Harapan belajar menggunakan KIPIN ATM di ruang perpustakaan.

Pilihan Hidayat untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa-siswinya ini jatuh pada KIPIN ATM. Mesin KIPIN ATM merupakan teknologi berisi ribuan konten pembelajaran digital, yang dapat dioperasikan sepenuhnya tanpa koneksi internet. Konten-konten tersebut meliputi buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Semua konten dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal yang dinamakan wifi eduSPOT. Bahkan para siswa dan guru juga bisa mengirim semua konten pembelajaran itu ke smartphone masing-masing, lalu bisa diakses kapan dan di mana saja tanpa memerlukan kuota internet.

Hidayat mengaku senang dengan kehadiran KIPIN ATM saat ini di sekolah. Ia melihat banyak sekali siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajar menggunakan KIPIN ATM. “Agar tidak berebut, maka biasanya mereka langsung mengambil data dari KIPIN ATM dan memasukkannya ke smartphone. Lalu mereka menonton video pembelajaran, mengerjakan latihan soal atau membaca komik literasi sepuasnya dari smartphone masing-masing,” jelasnya.

SMK Tridaya Harapan sekolah daerah 3T

Koridor sekolah SMK Tridaya Harapan Kutai Timur. (sumber foto: http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/55c942e6-771a-435a-8bdb-16b5a33706e8)

Kehadiran KIPIN ATM dinilai sangat membantu proses pembelajaran, karena anak-anak tidak perlu lagi mencari bahan belajar ke luar sekolah. Apalagi bagi sekolah berbasis asrama seperti SMK Tridaya Harapan, maka pihak sekolah harus memfasilitasi semua kebutuhan siswa termasuk untuk belajar. Selain sebagai penyedia materi belajar para siswa dan guru, KIPIN ATM juga berfungsi untuk menopang kebutuhan aspek teknologi siswa. Penguasaan siswa terhadap teknologi haruslah sempurna, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Salah satu cara untuk merealisasikannya selain dengan pelajaran, yaitu dengan penerapan dalam media pembelajaran digital seperti KIPIN ATM.

Perjuangan Hidayat 5 bulan yang lalu, kini tak sia-sia. “Sebagai kepala sekolah, saya juga ingin para siswa tidak gaptek (gagap teknologi). Meski akses internet di daerah ini lambat, namun mereka tetap bisa belajar dengan lancar menggunakan media pembelajaran digital. Tidak kalah dengan sistem belajar para siswa di sekolah-sekolah perkotaan,” ungkapnya.

Yayasan Kayan Makmur, yayasan penaung SMK Tridaya Harapan, mengadakan KIPIN ATM tidak hanya untuk SMK Tridaya Harapan, melainkan juga SMK Tridaya Pratama yang juga berada dalam naungannya. Yayasan Kayan Makmur ingin terus memperlengkapi para siswanya agar menjadi pribadi yang berkualitas unggul, baik dalam bidang akademis, keahlian atau pun karakter. Gedung sekolah dirancang bagus agar kondusif untuk belajar, serta disediakan asrama yang sangat nyaman untuk ditinggali para siswa. Segala fasilitas didukung oleh pihak yayasan dengan tujuan untuk turut membantu memajukan pendidikan daerah 3T, khususnya daerah sekitar perkebunan yang dikelola oleh PT. Kayan Makmur Sejahtera. (wr/ed: lia)

SMK Tridaya membuka kesempatan bagi putra-putri bangsa yang ingin mengasah prestasi bersama SMK Tridaya Harapan Kutai Timur, atau para guru berbakat yang ingin bersama-sama memajukan pendidikan di daerah 3T. Informasi lebih lanjut hubungi 081254316660 (telp./WA); hidayatslmqrr@gmail.com.

Informasi lebih lanjut tentang KIPIN ATM kunjungi: kipin.id.

Most Popular

To Top