Kamis, April 18, 2024
spot_img
BerandaKIPINSetiap Balai Desa Butuh Perpustakaan Digital, Solusi Serapan Dakel yang Masih Minim

Setiap Balai Desa Butuh Perpustakaan Digital, Solusi Serapan Dakel yang Masih Minim

Di era 4.0 tentunya teknologi ada untuk membuat kepentingan menjadi efektif dan berjalan dengan mudah. Dengan teknologi, dapat mewujudkan beberapa hal yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  1. Mampu memberikan sumber pembelajaran dan informasi yang lengkap mencakup seluruh jenjang pendidikan hingga PKBM dan Prakerja.
  2. Solusi yang canggih namun dapat berjalan tanpa membutuhkan jaringan internet/offline agar menghindari penyalahgunaan fasilitas mengingat pengguna adalah masyarakat umum termasuk anak anak.
  3. Solusi yang dapat meningkatkan minat baca anak.

Sebuah teknologi digital erat kaitannya dengan jalur internet. Namun, untuk sebuah fasilitas umum yang digunakan semua kalangan dan semua umur, adanya jalur internet bisa jadi sebuah hal yang kurang bijak. Anak anak khususnya, seringkali menyalahgunakan adanya internet untuk bermain game online, dan hiburan tidak mendidik. Tentu ini bertentangan dengan tujuan yang ingin menyediakan pembelajaran dan pusat informasi di Balai Desa.Ā 

KIPIN Classroom sebagai Perpustakaan Digital Balai Desa Tanpa Internet

Kipin Classroom berfungsi sebagai konten pembelajaran lengkap yang berasal dari beragam jenis. Semua konten pembelajaran tersebut akan terus bertambah sesuai perkembangan kurikulum dari Kemdikbud, serta produksi konten pembelajaran dari Kipin. Konten pembelajaran yang ada dalam Kipin Classroom diantaranya:

  1. 4000+ Buku Pembelajaran Kemendikbud Ristek dan Kemenag, termasuk buku kesetaraan Paket A B C (PKBM), buku2 prasekolah, buku ketenagakerjaan dan buku umum yang bisa dipakai oleh siapa saja
  2. 2000+ Video Pembelajaran
  3. 50.000+ Latihan Soal
  4. 450+ Bacaan Literasi Pendidikan yang bisa menunjang minat baca anak. Seluruhnya merupakan komik pendidikan original Kipin yang membahas seputar Budaya, Budi Pekerti, Sejarah, Ilmu Pengetahuan.

Kipin Classroom dapat dimanfaatkan sebagai server pusat informasi balai desa. Hal ini dikarenakan pihak balai desa dapat menambahkan berkas dokumen serta video ke dalam server Kipin Classroom, sehingga masyarakat bisa mendapatkan konten dari pihak Kelurahan atau Pemerintah Kota/Kabupaten. Masyarakat dapat mendownloadnya pada handphone masing masing tanpa perlu jaringan internet sama sekali. Konten yang sudah didownload akan tersimpan rapi pada aplikasi Kipin yang digunakan, untuk bisa dibaca, ditonton, dan diakses kembali kapan dan dimanapun tanpa internet.

Mari memanfaatkan dana kelurahan dengan bijak untuk sebuah Perpustakaan Digital Tanpa Internet yang dapat mewujudkan pendidikan GRATIS untuk seluruh masyarakat.

Info lebih lanjut :Ā 
Web :https://kipin.id/balaidesa/,
email : [email protected],
Wa (chat only)Ā  : http://wa.me/6281233601047

Beberapa berita dilansir dari:
https://nasional.kompas.com/read/2020/02/25/20521161/mendagri-imbau-dana-desa-digunakan-untuk-bangun-perpustakaan dilansir pada tanggal 21 Oktober 2022
https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=190319103939NYS5pXtV8q dilansir pada tanggal 21 Oktober 2022
https://www.jawapos.com/surabaya/12/09/2022/khawatir-terjerat-pidana-lurah-di-surabaya-gamang-belanjakan-dakel/ dilansir pada tanggal 21 Oktober 2022

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments