Selasa, Januari 31, 2023
spot_img
BerandaDUKISiswa Tak Lagi Bosan Belajar, SDN 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan Terapkan...

Siswa Tak Lagi Bosan Belajar, SDN 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan Terapkan Pembelajaran Digital di Sekolah

SDN 2 Budidaya Lampung memulai pembelajaran digital
Para siswa SDN 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan menonton video pelajaran melalui Aplikasi Kipin School dalam program pembelajaran digital mereka.

Iwan Sunarya, salah satu guru SD Negeri 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan, telah sukses menyelenggarakan pembelajaran digital bersama para siswanya di sekolah. Iwan menggunakan Aplikasi Kipin School sebagai sarana untuk menyukseskan program pembelajaran digital ini. Aplikasi Kipin School adalah modul yang menyediakan ribuan konten pembelajaran berbasis kurikulum resmi yang digunakan oleh hampir semua sekolah di Indonesia saat ini. Konten di dalam Aplikasi Kipin School pun sangat beragam yaitu mulai dari buku paket terbitan Kemdikbud, video pelajaran, komik pendidikan, latihan soal hingga buku aktivitas dan buku penunjang literasi lainnya.

Guru Digital di SDN 2 Budidaya
Iwan Sunarya, salah satu guru SDN 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan.

Para guru dan siswa SD Negeri 2 Budidaya merasa sangat terbantu dengan adanya Kipin School di sekolah mereka. Iwan mengungkapkan sebelum menggunakan Aplikasi Kipin School, para siswa sangat pasif dalam belajar. Mereka selalu kesulitan untuk mendapatkan buku paket, atau kadang buku paket mereka tertinggal di rumah. Suasana belajar di kelas terasa membosankan. Sehingga demi menjawab permasalahan yang dikeluhkan, Iwan menghadirkan Aplikasi Kipin School dalam proses pembelajaran di sekolahnya.

Terbukti, Aplikasi KIPIN School mampu mempermudah siswa maupun guru dalam proses belajar-mengajar. Bahkan tidak melulu untuk belajar, beberapa konten dalam Aplikasi Kipin School juga dapat menjadi hiburan di kala bosan. Misalnya yaitu komik literasi atau buku cerita yang berisi cerita-cerita bergambar yang menarik seputar budaya, sejarah, pariwisata, budi pekerti, pengetahuan umum, pengetahuan alam, pendidikan kesehatan dan sebagainya.

Ada banyak manfaat yang diperoleh guru dan siswa saat menggunakan Kipin School, di antaranya yaitu: 
– Guru dan siswa dapat mengakses ribuan materi pembelajaran berupa buku digital sekolah sesuai kurikulum Kemendikbud Ristek, video pembelajaran, latihan soal, ratusan komik pendidikan, buku aktivitas dan buku penunjang literasi lannya melalui aplikasi Kipin School secara gratis dan praktis.
– Guru dapat membuat challenge dan kegiatan menarik untuk para siswa sebagai aktivitas siswa memanfaatkan materi-materi yang ada di dalam Aplikasi Kipin School sesuai kreativitas guru.
– Memudahkan siswa untuk belajar tanpa batas tempat dan waktu, di manapun dan kapan saja karena aksesnya hanya menggunakan ponsel.

Siswa siswi SDN 2 Budidaya
Para siswa SDN 2 Budidaya Kabupaten Lampung Selatan menunjukkan ponsel yang menampilkan menu Aplikasi Kipin School.

Kini para siswa SD Negeri 2 Budidaya menjadi sangat senang dan semangat dalam belajar. Erika sebagai salah satu murid di sekolah tersebut mengatakan, “saat menggunakan Aplikasi Kipin School, belajar terasa lebih mudah. Saya tidak perlu lagi membawa banyak buku paket yang berat, karena semua bukunya sudah ada di dalam HP.”

Menurut Erika, cukup membawa satu HP dalam satu genggaman saja, ia sudah bisa mengakses semua materi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajarnya di sekolah. Bahkan saat di rumah pun ia juga tetap bisa belajar dengan lancar tanpa harus mencari-cari buku lagi. “Semuanya saya lakukan menggunakan Aplikasi Kipin School. Terima kasih Kipin, dengan Kipin kami jadi bisa belajar dengan mudah dan tidak membosankan lagi!” lanjutnya sambil menunjukkan layar ponselnya yang menampilkan menu Aplikasi Kipin School.

Penulis: Nyimas Nafizah
Penyunting: Lia

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments