Kamis, April 25, 2024
spot_img
BerandaCSR Pendidikan100 Komik Pendidikan untuk Sekolah Misi Bagi Bangsa

100 Komik Pendidikan untuk Sekolah Misi Bagi Bangsa

pendidikan daerah 3T, sekolah daerah 3T
Siswa-siswi Sekolah Misi Bagi Bangsa dengan hadiah komik pendidikan dan botol minum.

Pendidikan.id membagikan 100 eksemplar komik literasi dan 30 botol minum kepada siswa-siswi Sekolah Misi Bagi Bangsa melalui Yayasan BP Peduli. Pembagian komik secara gratis ini ditujukan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian nyata Pendidikan.id kepada para pelajar di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan). Perwakilan Yayasan BP Peduli menyerahkan paket komik dan botol minum secara simbolis kepada kepala Sekolah Misi Bagi Bangsa, Jeugelin S. Towas pada Jumat (19/10/2018). Sekolah Misi Bagi Bangsa berlokasi di Sagulung, Kota Batam Kepulauan Riau.

Komik pendidikan yang diterbitkan oleh Pendidikan.id tersebut terbagi atas empat kategori, di mana semuanya bersifat edukasi. Ada kategori pengetahuan alam, sosial, moral/budi pekerti, kesehatan dan sejarah. Komik pengetahuan alam/sosial membahas materi pelajaran IPA/IPS, komik moral/budi pekerti menghadirkan cerita dengan pesan moral yang baik, komik kesehatan memberikan informasi tetang berbagai penyakit hingga cara mencegah dan mengobatinya, dan komik sejarah mengangkat cerita kehidupan tokoh-tokoh sejarah nasional. Meski berisi tentang pesan-pesan edukasi, namun komik pendidikan dikemas dalam cerita dan gambar yang menarik sehingga anak-anak yang membaca tidak merasa bosan.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Juni 2017, hingga saat ini koleksi komik pendidikan telah mencapai 180 judul dan telah digunakan dalam beberapa event baik skala lokal hingga nasional. Di antaranya yaitu event Lomba Baca Komik SMP-SMA oleh BKKBN Bengkulu, acara Bebertoon 2018 Yogyakarta dan Mangafest UGM 2018. Pada event-event yang telah diadakan, pembaca komik pendidikan banyak memberikan respon yang positif termasuk pula para siswa Sekolah Misi Bagi Bangsa. Menurut Jeugelin sang kepala sekolah, anak-anak terlihat sangat antusias membaca setiap detail gambar dan tulisan pada halaman komik pendidikan.

komik pendidikan komik literasi komik anak-anak
Siswa-siswi Sekolah Misi Bagi Bangsa membaca komik pendidikan.

Jeugelin berharap dengan adanya koleksi komik-komik pendidikan itu di sekolah, para siswa dapat lebih semangat untuk membaca. “Sehingga kami bisa memupuk dan membangun kembali budaya membaca itu pada diri anak-anak. Kemampuan literasi generasi muda Indonesia tidak boleh terkikis, oleh karenanya sumber-sumber bacaan yang mendidik seperti ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya sekedar mendidik, tapi juga menarik agar tidak kalah dengan game yang mampu menyita perhatian anak-anak,” ungkap Jeugelin usai membagikan komik.

Dalam pemasarannya, komik pendidikan tidak hanya dapat dibaca dalam bentuk cetak melainkan juga digital. Para siswa bisa mendapatkannya satu paket dengan konten pembelajaran lainnya seperti buku sekolah digital, video pendidikan dan latihan soal melalui aplikasi KIPIN Mobile. Aplikasi KIPIN Mobile dapat didownload gratis pada smartphone berbasis Android, iOS atau pun Windows. Konten buku sekolah digital bisa dinikmati gratis, namun siswa perlu berlangganan dengan biaya Ro. 20.000 – Rp. 50.000,- untuk dapat mengakses konten video pendidikan, komik literasi dan latihan soal.

Satu paket konten pembelajaran tersebut (buku pelajaran, video pendidikan, komik literasi dan latihan soal) juga tersedia dalam bentuk mesin KIPIN ATM. Mesin ini dapat berfungsi sebagai perpustakaan digital sekolah, di mana setiap siswa dapat mengakses seluruh konten pembelajaran di dalamnya secara gratis bahkan tanpa pulsa dan kuota internet, alias offline. Semua konten juga dapat diunduh ke smartphone siswa secara offline, sehingga bisa menjadi bahan belajar siswa saat di rumah. (wr: lia)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments