Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Tokoh

Atiko, Guru SMPN 17 Surabaya Sekaligus Penyaji Materi VIPI Raih Prestasi di Lomba MembaTIK Nasional 2018

guru berprestasi nasional, guru terbaik nasional
video pembelajaran guru smpn 17 surabaya

Atiko dalam cuplikan salah satu video VIPI.

Salah satu guru penyaji materi VIPI (Video Pendidikan) meraih Juara Harapan II Lomba MembaTIK (Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK) Tingkat Nasional. Atiko, penyaji materi VIPI yang merupakan guru bahasa inggris SMPN 17 Surabaya berhasil mengalahkan 30 finalis dari jumlah awal sekitar 3000 peserta dengan penyelenggaraan tahap seleksi selama Juni – Agustus 2018. Lomba yang diadakan setiap tahun oleh Kemendikbud ini diikuti oleh guru-guru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dari 34 provinsi di Indonesia. Kriteria pemenangnya yaitu peserta guru yang berhasil menyusun media pembelajaran berbasis TIK yang lengkap, menarik dan efektif.

Atiko telah bergabung menjadi penyaji materi VIPI aktif sejak Juni 2018. Materi-materi bahasa inggris untuk VIPI dibawakannya dengan begitu luwes, lengkap dan menarik bagi para siswa. Sebagian besar videonya dibuat berlatar-belakang pembelajaran di kelas agar video terlihat lebih hidup dan interaktif, sehingga anak-anak yang menonton tidak menjadi bosan. Selain itu, juga agar informasi yang disampaikan menjadi lebih lengkap dan mudah dipahami karena adanya contoh praktis dengan para siswa di kelas.

Media pembelajaran berbasis TIK yang diperlombakan Atiko ialah berupa aplikasi sederhana, kemudian ia memasukkan VIPI sebagai kontennya. Atiko menilai bahwa VIPI dapat menjadi konten yang sangat membantu anak-anak untuk belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan. Selain VIPI, ia menambahkan beberapa narasi pendukung sebagai materi yang menjelaskan tentang apa yang disampaikan dalam video VIPI. Ditambahkan pula beberapa butir latihan soal sebagai evaluasi atau tolak ukur kemampuan siswa menyerap materi.

VIPI adalah kumpulan video pendidikan yang dikembangkan oleh Pendidikan.id, khusus untuk mempermudah para pelajar di seluruh Indonesia dalam belajar. Saat siswa tidak masuk atau belum paham dengan penjelasan guru di kelas, maka siswa dapat belajar di rumah melalui VIPI. Tak perlu takut ketinggalan penjelasan lagi, karena video VIPI dapat diputar berulang-ulang hingga siswa benar-benar memahami materi. Penyaji materi dalam setiap video VIPI merupakan para guru sekolah yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing, termasuk Atiko yang telah banyak meraih prestasi hingga tingkat Nasional.

guru berprestasi tingkat kota surabaya sman 17

Atiko dan bukunya yang berjudul “Mudah Membuat Media Pembelajaran.”

“Saya ingin tidak hanya mengajar dalam lingkup kelas, namun juga mengajar seluruh siswa di Indonesia ini. Melalui VIPI inilah saya dapat berbagi ilmu kepada seluruh pelajar Indonesia karena jangkauannya yang luas. Terutama bagi anak-anak yang tinggal di daerah minim internet, karena VIPI juga tersedia di dalam KIPIN ATM,” jelas Atiko. Selain berkarya bersama Pendidikan.id untuk mencetak video-video pendidikan, Atiko juga menuangkan idenya ke dalam sebuah tulisan dan menjadikannya buku berjudul “Belajar Membuat Media Pembelajaran.” Ia membagikan pengalamannya dalam membuat beragam media pembelajaran yang mudah, murah dan menarik bagi siswa untuk kegiatan belajar-mengajar di kelas.

Pada November 2017 sebelumnya, Atiko juga menyabet predikat Juara II dalam ajang Apresiasi Guru Surabaya, kategori Lomba Karya Inovatif Media Pembelajaran Rumpun Bahasa Jenjang SMP. Guru penyaji materi VIPI lainnya yang berprestasi hingga ke tingkat Nasional yaitu Alif Hanifah, guru biologi SMAN 14 Surabaya yang berhasil menjadi Juara II Guru SMA Berprestasi Tingkat Nasional 2018. Alif sukses mengalahkan 32 guru SMA dari 32 provinsi Se-Indonesia di babak final melalui “Babak Pretas,” serta keterlibatannya dalam program mencerdaskan anak bangsa bersama VIPI. (wr: lia)

Tonton semua Video Pendidikan (VIPI) melalui:
KIPIN ATM
– Aplikasi KIPIN Mobile di smartphone-mu (iOS, Android, Windows)
– Channel youtube ‘Pendidikan Indonesia

 

Most Popular

To Top