Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaDUKIKIPIN Solusi Utama Dalam Upaya Percepatan digitalisasi Sekolah SD Negeri 1 Jombok

KIPIN Solusi Utama Dalam Upaya Percepatan digitalisasi Sekolah SD Negeri 1 Jombok

Selama masa pandemi di SD Negeri 1 Jombok yang berlokasi di Malang, Jawa Timur banyak menemui kesulitan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tanpa fasilitas yang mendukung membuat guru dan siswa sulit untuk berinteraksi. Hal tersebut juga mengakibatkan nilai prestasi siswa menurun. Guru – guru di SD Negeri 1 Jombok sangat prihatin dan merasa kurang optimal untuk mendidik siswa-siswinya selama masa pandemi tersebut.

Ditengah kondisi tersebut, kepala sekolah yaitu Bapak Kamisun S. Pd. menyampaikan “Bantuan kuota internet dari kemdikbud yang digadang-digadang dapat meringankan beban siswa  hingga saat ini belum didapatkan oleh sekolah kami. Maka dari itu Kamisun membuat terobosan baru yang manfaatnya sangat besar untuk membantu Guru dan Siswa yang tidak selalu tergantung pada internet dalam pengoperasiannya. Beruntung, mereka memanfaatkan Kipin school sebagai solusi utama dalam upaya percepatan digitalisasi sekolah yang dapat berjalan secara hybrid baik dengan internet maupun tanpa internet. 

Semenjak memanfaatkan Kipin School, siswa dan guru SD Negeri 1 Jombok merasakan banyak kemudahan diantaranya: 

  • Guru dan siswa dapat mengakses ribuan materi pembelajaran berupa buku digital sekolah sesuai kurikulum kemendikbud ristek, video pembelajaran, latihan soal, dan ratusan komik literasi pendidikan melalui aplikasi Kipin School 4.0 secara gratis dan praktis.
  • Guru dapat membuat challenge dan kegiatan menarik untuk para siswa sebagai aktivitas siswa memanfaatkan materi materi di dalam Kipin.
  • Memudahkan siswa belajar dimanapun dan kapan saja karena hanya menggunakan ponsel tanpa selalu bergantung pada internet karena teknologi download and go pada Kipin. Dimana hanya perlu satu kali proses download, lalu bisa diakses, dibaca, atau diputar kembali kapanpun dan dimanapun tanpa butuh internet.

Kipin school sangat berdampak positif bagi Guru, siswa dan sekolah. Guru merasa sangat terbantu dalam memberikan evaluasi tanpa kertas (less paper) dengan adanya fitur latihan soal. selain guru,  siswa juga merasakan dampaknya yakni  bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya karena tidak perlu membawa banyak buku yang memberatkan. Aplikasi Kipin School juga menyediakan video pembelajaran yang mempermudah siswa untuk belajar dari rumah, sehingga wali murid terbantu dalam menghemat biaya sekolah dan  siswa juga lebih praktis karena hanya membawa semua buku dalam satu genggam saja.

Harapan Tika Puji Pramesthi, S.Pd.SD selaku guru di SD Negeri 1 Jombok untuk Aplikasi Kipin yaitu : “Kipin kedepannya bisa bekerjasama dengan dinas pendidikan sehingga sosialisasi ke sekolah dapat lebih cepat. Aplikasi Kipin juga sangat mudah digunakan untuk Guru yang awam terhadap aplikasi digital belajar”.

Penulis:
Nyimas Nafisah

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments