Wednesday, October 5, 2022
spot_img
HomeEvent PendidikanGERAKAN LITERASI NASIONALMeningkatkan Kreativitas Siswa dalam Bazar Inovasi “Mekar Merata” di SD Negeri 2...

Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Bazar Inovasi “Mekar Merata” di SD Negeri 2 Siliragung Melalui Literasi Digital

Pada 10 September 2022 lalu, telah diselenggarakan Kegiatan Bazar Inovasi bertajuk Mekar Merata di SD Negeri 3 Siliragung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh para siswa dan dihadiri oleh 34 lembaga. Tajuk “Mekar Merata” yang dipilih, memiliki arti yaitu meningkatkan kreativitas siswa melalui literasi digital. Kemampuan literasi tentunya sangat penting untuk wawasan anak dan dapat memperluas pengetahuan sehingga kreativitas anak akan turut berkembang. Ditunjang dengan kemajuan teknologi memanfaatkan buku digital sehingga siswa dapat terbiasa akan teknologi, semakin maju dan tidak tertinggal oleh zaman.

Kegiatan ini merupakan hasil atau buah dari aktivitas rutin SD Negeri 3 Siliragung yang dilakukan setiap hari Rabu setelah siswa siswi melaksanakan senam pagi. Setelah senam, para siswa diwajibkan membuka aplikasi Kipin School dan membaca buku literasi berupa komik pendidikan. Setelah selesai membaca, ada tugas refleksi yaitu mengimplementasikan apa yang sudah mereka baca menjadi sebuah produk atau karya yang dijual pada kegiatan pameran Bazar Inovasi “Mekar Merata”.

Untuk memeriahkan kegiatan Bazar Inovasi, seluruh siswa SD Negeri 3 Siliragung mulai dari tingkat 1 hingga tingkat 6 juga turut ikut serta dengan membuat karya yang dipamerkan di atas panggung. Produk atau karya tersebut diantaranya adalah Roda Literasi dari kelas 1, Ulat Literasi dari kelas 2, Papan Literasi dari kelas 3, Diary Literasi dari kelas 4, Pohon Literasi dari kelas 5 dan Tanaman Literasi dari kelas 6. Seluruh karya tersebut diamati, ditiru dan dimodifikasi oleh pengunjung. Menariknya, 19 lembaga tertarik untuk membeli hasil karya tersebut.

Kegiatan dalam Bazar Inovasi “Mekar Merata” juga menjadi bentuk implementasi kurikulum merdeka belajar yang bersumber dari buku literasi pendidikan berbentuk komik dari aplikasi “Kipin School” dengan jumlah lebih dari 450 buku literasi dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Seluruh komik tersebut merupakan komik literasi pendidikan yang seluruhnya membahas seputar ilmu pengetahuan, budaya, budi pekerti, tata krama, dan sebagainya. Diproduksi 100% oleh putra putri Indonesia, untuk menunjang kemampuan literasi anak anak bangsa. Dengan berupa komik yang menarik dan mendidik, maka akan meningkatkan minat baca anak sehingga ilmu didalamnya akan mudah diterima anak.

Nanik Ermawati, S.Pd

Dengan memanfaatkan Kipin School sebagai sumber pembelajaran, banyak yang bisa diperoleh sekolah yang tidak hanya berupa 450+ buku literasi  berupa Komik Pendidikan, namun juga 4000+ Buku Pelajaran sesuai kurikulum kemendikbud termasuk Kurikulum Merdeka, 2000+ Video Pelajaran Sekolah, dan 50.000+ latihan Soal. Dengan demikian maka kebutuhan belajar anak dapat terpenuhi secara lengkap dari berbagai jenis konten pelajaran.

“Kipin School aplikasi hemat biaya, tanpa perlu membeli buku cetak dan mampu menjadikan anak-anak termotivasi membuat buku cerita sendiri yang bersumber dari Kipin. Kipin selaras dengan kebijakan dari Kemendikbud Ristek yang mewajibkan siswa-siswi membaca literasi untuk menumbuhkan sikap budi pekerti pada siswa”. Ujar Nanik Ermawati, S.Pd – Guru SD Negeri 3 Siliragung.

Rekan Rekan Guru SD Negeri 3 Siliragung

Penulis:
Nyimas Nafisah

Ingin menghadirkan Kipin School disekolahmu?
Website: https://kipin.id
Email : [email protected]
WA Chat : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments