Jumat, April 26, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKomik Edukasi: Ingatkan Pentingnya Vaksin Pada Anak-anak dan Orang Tua

Komik Edukasi: Ingatkan Pentingnya Vaksin Pada Anak-anak dan Orang Tua

bacaan literasi komik pendidikan
Cuplikan isi komik literasi digital ‘Basmi Peyakit dengan Kuman’

Stelly hari ini ikut ibu mengantar adiknya, Ella, ke dokter untuk melakukan suntik vaksin. Saat disuntik Ella menangis kencang, membuat Stelly penasaran tentang apa itu vaksin. Ia pun menanyakan pada dokter apa manfaat melakukan vaksin. Lalu dokter menjelaskan apa itu vaksin serta berbagai manfaat positifnya pada Stelly.

Komik ‘Basmi Penyakit dengan Kuman’ merupakan komik seri kesehatan yang perlu untuk diketahui anak-anak sejak dini. Komik ini memberikan informasi mengenai apa itu vaksin, dan pentingnya pemberian vaksin bagi anak-anak. Vaksin sangat penting diberikan sejak dini, agar tubuh memiliki antibodi atau kekebalan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Vaksin adalah kuman yang telah dilemahkan, yang dapat memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Saat tubuh diberikan vaksin, maka kuman-kuman yang teah dilemahkan itu akan membentuk antibodi dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat kebal terhadap penyakit-penyakit tertentu, sesuai dengan jenis vaksin penyakit yang diberikan. Ada vaksin yang hanya perlu diberikan satu kali, sudah membuat tubuh kebal hingga seumur hidup. Contohnya yaitu vaksin BCG untuk mencegah penyakit TBC. Namun ada pula vaksin yang perlu diberikan beberapa kali, contohnya vaksin DPT untuk mencegah penyakit Dipteri, Pertusis dan Tetanus.

Komik ini dapat menjadi sumber pengetahuan yang sederhana bagi anak-anak, agar mereka tidak perlu takut untuk melakukan vaksin terutama yang berbentuk suntikan. Komik yang diterbitkan Pendidikan.id untuk melengkapi seri kesehatan ini juga bisa menjadi pengingat bagi para orang tua, agar tidak lupa dan segera melengkapi vaksin/imunisasi pada anak-anak.

komik edukasi komik pendidikan
Cover komik literasi digital ‘Basmi Penyakit dengan Kuman’

Nita, koordinator tim Komik Pendidikan mengungkapkan, “Pendidikan.id berharap komik ini dapat mengedukasi semua pihak agar mengerti betapa pentingnya vaksin bagi tubuh. Sehingga Indonesia bisa tumbuh menjadi negara yang sehat, dimulai dari anak-anak yang memiliki imun kekebalan yang baik.”

Komik ‘Basmi Penyakit dengan Kuman’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan dongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone.

Yuk baca cerita Stelly dan Adik Ella di komik pendidikan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments