Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Ingatkan Pentingnya Sarapan pada Anak dan Orang Tua Melalui Komik Edukasi

cerita anak-anak dongeng anak-anak
komik pendidikan komik literasi

Cuplikan isi komik literasi digital ‘Sarapan itu Penting, Lho!’

Pagi itu, Dio terburu-buru berangkat ke sekolah. Ibu berkali-kali memanggil dan menyuruhnya untuk sarapan. Tapi Dio menolak, dengan alasan takut kekenyangan dan mengantuk di kelas. Akibatnya, di kelas Dio tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik karena perutnya terasa sangat sakit. Ibu guru akhirnya menyuruh Dio untuk beristirahat di UKS.

Dokter di UKS mengatakan bahwa Dio terkena sakit maag. Penyebabnya yaitu karena Dio selalu telat makan, terutama pada pagi hari. Dokter pun menjelaskan kepada Dio betapa pentingnya sarapan sebelum berangkat sekolah. Lalu, ia menyuruh Dio untuk membeli makanan di kantin dan segera minum obat sakit maag.

Cerita tentang Dio tertuang dalam Komik ‘Sarapan itu Penting, Lho!’ Komik ini menyampaikan pesan pada anak-anak dan orang tua, bahwa sarapan setiap hari terutama sebelum berangkat sekolah itu sangat penting. Asupan gizi dari makanan di pagi hari akan menjadi sumber energi untuk berpikir dan beraktivitas sepanjang hari. Ya, manfaat utama sarapan pagi adalah sebagai sumber energi agar tubuh kuat untuk beraktivitas. Kedua, nutrisi-nutrisi dari makanan juga dapat meningkatkan kinerja otak agar siswa dapat melakukan pelajaran dengan baik. Perut yang kenyang dan tidak keroncongan akan membuat tubuh menjadi nyaman beraktivitas serta berkonsentrasi.

Nita, koordinator tim komik Pendidikan.id mengatakan bahwa komik ini dibuat agar anak-anak memahami pentingnya sarapan di pagi hari. “Jadi tidak ada lagi alasan malas atau takut makan pagi. Sarapan sangat berguna bagi siswa agar bisa belajar dan beraktivitas dengan baik di sekolah.”

Komik ini juga mencoba membenahi anggapan umum bahwa sarapan di pagi hari dapat membuat siswa kekenyangan dan mengantuk. Melalui penjelasan karakter dokter di UKS, dijelaskan sarapan tidak akan membuat kantuk asal dengan porsi dan menu makanan yang benar. Menu yang dianjurkan yaitu makanan yang mengandung rendah lemak, tapi kaya protein dan serat. Contohnya susu, telur, sayur dan buah-buahan. Makanan dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan, tidak akan membuat siswa kekenyangan lalu mengantuk.

cerita anak-anak dongeng anak-anak

Cover komik literasi digital ‘Sarapan Itu Penting, Lho!’

“Sebaliknya, jika siswa tidak sarapan justru bisa menimbulkan sakit maag. Oleh karena itu, harapannya komik ini dapat menjadi pengingat khususnya bagi orang tua agar lebih memperhatikan kesehatan anak-anak melalui sarapan. Begitu juga anak-anak agar tidak mengabaikannya,” ujar Nita.

Komik ‘Sarapan itu Penting, Lho!’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://komik.pendidikan.id/baca-komik/sarapan_itu_penting_lho.html. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan dongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone.

Yuk baca cerita Dio yang sakit perut di komik pendidikan!

 

Most Popular

To Top