Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Tips-tips Pendidikan

Pentingnya Senam Sehat pada Masa Pandemi untuk Mengembangkan Motorik Kasar sekaligus Atasi Kejenuhan Anak

Pentingkah melakukan senam? Sudah pasti penting bagi tubuh, karena senam dapat menjadikan tubuh sehat dan bugar. Meski sedang di rumah saja, tubuh juga harus bergerak aktif agar imun tetap terjaga. Senam merupakan olah tubuh yang gerakannya diciptakan dengan berencana dan sistematis. Senam sehat yang diadakan kali ini adalah senam irama, yakni senam yang dilakukan dengan diiringi musik atau latihan bebas lewat gerakan berirama. Iringan musik yang energik menjadikan gerakan senam lebih bersemangat.

Selama pandemi berlangsung, anak-anak beraktivitas dari rumah. Kejenuhan mungkin dirasakan oleh anak-anak karena mereka hanya sekadar mengerjakan tugas yang diberikan guru secara daring. Oleh karena itu, kegiatan senam sehat bertujuan untuk mengurangi kejenuhan pada anak akibat berbulan-bulan tidak keluar rumah. Selain itu, senam juga bertujuan untuk mengembangkan motorik kasar pada anak. Apa itu motorik kasar? Keterampilan motorik kasar adalah gerakan tubuh yang dilakukan oleh anak dengan menggunakan otot besar seperti lengan, kaki atau badan. Gerakan motorik kasar lebih luas dan energik.

senam-anak-mengatasi-kejenuhan-pentingnya-olahraga-teratur
Ilustrasi orang tua bersama anak melakukan senam sederhana di rumah.

Perkembangan motorik anak harus selalu dikembangkan agar dapat tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, lincah, dan tidak mudah sakit. Ada banyak cara untuk menstimulasi anak agar mau bergerak, salah satunya dengan mengajak anak mengikuti kegiatan senam. Gerakan-gerakan senam dapat mendukung perkembangan jasmani anak seperti melatih daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan kelincahan tubuh. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti ini mengharuskan tubuh kita untuk sehat agar tidak mudah terjangkit virus.

Pelaksanaan senam yang dimaksud di sini yaitu senam irama yang bisa dilakukan sendiri dengan hanya bermodalkan musik sebagai iringan senam. Kegiatan senam irama merupakan sebuah pembelajaran pengembangan motorik kasar pada anak yang dilakukan dengan bermain sambil belajar. Aktivitas selama kegiatan senam irama sangat menyenangkan, melatih kepekaan anak akan irama musik dan perkembangan motorik kasar pada anak.

Senam sehat pada pagi hari menjadikan tubuh lebih bugar. Panas matahari pagi pun baik untuk tubuh. Kegiatan senam bersama anak-anak berlangsung tertib. Selain tidak membutuhkan alat apapun, senam juga bisa dilakukan bersama keluarga dan tetangga sekitar rumah agar lebih seru. Senam termasuk olahraga yang aman, mudah dan santai. Gerakan-gerakan senam tidak perlu yang susah karena disesuaikan dengan usia anak, yang terpenting anak dapat mengikuti senam dengan ceria dan tanpa paksaan.

Gerakan senam juga membuat sirkulasi darah lancar, tubuh berkeringat, dan bisa mengurangi kecemasan atau depresi. Untuk menciptakan tubuh yang sehat, tentunya diimbangi juga dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Meski sedang di rumah saja, tetapi jangan bermalas-malasan dan tetap semangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Tubuh yang sehat dapat menjadikan pikiran positif dan hati bahagia. Jadi melakukan senam saat pandemi bagi anak-anak sangat penting, asal tidak melewati batas dan disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Penulis: Elisah Windasari, Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Walisongo Semarang
Editor: Lia, Pendidikan.id

Most Popular

To Top