Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Halaman Depan

Wujudkan Digitalisasi Sekolah, Guru-guru SD dari seluruh Kabupaten Bireuen – Aceh Mengikuti Pelatihan Guru Digital

BIREUEN ACEH, 20 JULI 2022 – PRESS RELEASE 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen mengadakan kegiatan “Training Of Trainer” Penggunaan Aplikasi Kipin (Kios Pintar) untuk Pembelajaran di Sekolah bagi guru-guru SD di Bireuen.

Kegiatan bertujuan untuk mewujudkan Digitalisasi Sekolah Dasar, digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen bekerjasama dengan Pendidikan.id.

Kegiatan dibuka oleh Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Multaqqin S.Pd .,M.Pd diwakili Kabid Pembinaan PTK Disdikbud setempat, Surya,S.Pd.,M.Pd. di Aula Wisma Bireuen Jaya, Selasa (19/7/2022).

Dalam sambutannya, Surya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bireuen menyadari bahwa zaman digital sudah tiba dan harus diadaptasi dan diterapkan di segala bidang termasuk untuk pendidikan.

“Guru harus di upgrade agar tidak menjadi dinosaurus di dunia zaman modern ini,” ujarnya.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Bireuen senantiasa mengikuti perkembangan dunia digital agar bisa dimanfaatkan untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Bireuen,

“Supaya pendidikan di Kabupaten Bireuen tidak tertinggal bahkan kalau bisa lebih maju dari daerah lain,” jelasnya.

Dikatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun terakhir ini, semakin menyadarkan semua bahwa pemanfaatan dunia digital untuk pendidikan tak bisa dicegah lagi,

“Suka tak suka, cepat atau lambat maka harus segera dimanfaatkan dan diterapkan untuk semua jenjang, juga termasuk untuk tingkat Sekolah dasar,” kata Surya.

Menurutnya, mengupgrade guru menjadi guru digital tidaklah mudah, sebab dunia digital identik dengan membutuhkan teknologi canggih.

Seperti server, gadget dan internet, yang mana letak dan kondisi Kabupaten Bireuen yang jauh dari kota besar dan jangkauan internet yang belum maksimal dan tidak merata.

Dijelaskan, masih banyak lokasi di Kabupaten Bireuen yang belum terjangkau internet, ini kendala bagi guru-guru di Bireuen untuk beradaptasi menjadi guru digital.

Untuk itulah, sekaligus menyambut tahun ajaran baru tahun 2022/2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan (PTK) melaksanakan Kegiatan “Training Of Trainer” Penggunaan Aplikasi Kipin untuk Pembelajaran untuk menyongsong digitalisasi Sekolah.

Disampaikan, Pelatihan guru digital ini memanfaat aplikasi digital yang canggih dan cocok dipakai untuk kondisi daerah Bireuen, yaitu menggunakan aplikasi Kipin, yang merupakan aplikasi pendidikan yang menjadi partner Kemendikbud Ristek untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Setelah mendapatkan pelatihan menjadi guru digital, diharapkan masing-masing guru kemudian bisa menyebarkan ilmu yang didapatkan kepada semua guru-guru dari daerah mereka berasal.

“Sehingga nantinya semua guru-guru yang ada di Kabupaten Bireuen akan terupgrade menjadi guru digital sehingga dunia pendidikan di Kabupaten Bireuen bisa maju tidak tertinggal dari daerah-daerah lain, bahkan diharapkan bisa menjadi salah satu yang terdepan,” harap Kabid Pembinaan PTK Disdikbud Bireuen ini.

Sebelumnya, Panitia pelaksana, Widyaprada Bidang PTK Disdikbud Bireuen, Yusmadi, S.Pd., M.Pd, melaporkan, Pelatihan Training Of Trainer ini, diikuti 75 guru jenjang Sekolah Dasar sebagai peserta.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (19-21/7/2022), di Aula Wisma Bireuen Jaya, menghadirkan beberapa narasumber dari Pendidikan.ID.

“Selama tiga hari, peserta akan dilatih untuk pemanfaatan Kipin sebagai solusi digitalisasi sekolah yang cocok dipakai untuk lokasi geografi di Kabupaten Bireuen,” jelas Yusmadi

Most Popular

To Top