Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

SD Tritunggal Surabaya Ingin Bagikan Ilmu Lebih Luas Lagi Melalui VIPI dan Tryout Online

Pendidikan.id tak pernah berhenti mengembangkan program-program pendidikan yang digarap. Kali ini, pendidikan.id menggandeng Sekolah Tritunggal Surabaya (SD – SMA) sebagai partner kerjasama. Selasa, (25/07) tim pendidikan.id melakukan kunjungan ke SD Tritunggal Surabaya, untuk membahas MoU kerjasama antara keduanya. Sombo Duli, perwakilan tim pendidikan.id, menyampaikan presentasi mengenai program-program pendidikan.id kepada 20 guru termasuk kepala sekolah SD Tritunggal Surabaya.

Kegiatan Shooting Perdana di SD Tritunggal Surabaya

Bentuk kerjasama yang digagas tidak jauh berbeda dengan sekolah-sekolah sebelumnya. Yakni menghimbau para guru untuk turut berkontribusi dalam pembuatan Video Pendidikan Indonesia (VIPI). Selain VIPI, para guru juga bisa memberikan latihan-latihan soal untuk selanjutnya dikategorikan dalam program Tryout Online. “Guru tidak hanya harus mengajar di dalam kelas. Jika ilmu guru bisa dibagikan kepada jutaan siswa sekaligus dalam satu waktu, mengapa tidak?” ujar Sombo dalam presentasinya.

Memang, pembuatan VIPI bukannya tanpa alasan. Menurut Sombo, pendidikan.id ingin membantu Pendidikan Indonesia secara totalitas. “Jadi tak hanya menyediakan buku gratis yang dapat diakses online, tapi juga video pembelajaran sekaligus soal-soal latihan,” ungkapnya. Buku Sekolah Digital (BSD) sendiri merupakan website dan aplikasi dari pendidikan.id, berupa kumpulan buku pelajaran gratis yang berbasis kurikulum. Sedangkan VIPI adalah program video pembelajaran yang sedang dikembangkan, agar semua siswa bisa memahami penjelasan materi secara lisan.

Sombo mengungkapkan, pengembangan BSD, VIPI, Tryout Online dan program-program lainnya ditujukan agar pendidikan dapat dinikmati semua anak di Indonesia tanpa terkecuali. Ia mengartikan, tanpa ada batasan tempat, waktu dan siapa yang menerima. “Ini yang menjadi cita-cita pendidikan.id dan semua pihak yang berkontribusi, termasuk SD Tritunggal Surabaya,” ujarnya.

Pak Basuki, salah satu guru Pendidikan Agama Islam di SD Tritunggal mengatakan hal yang senada. Bahkan, ia ingin dapat bersama-sama membantu pendidikan Indonesia melalui VIPI dan Tryout Online. “Semoga kerjasama antara pendidikan.id dan SD Tritunggal dapat bermanfaat bagi anak-anak bangsa. Sehingga peran SD Tritunggal sebagai pengajar tidak hanya dalam skala lokal saja, tapi juga nasional. Ilmunya tersebar lebih luas,” harapnya.

Pertemuan antara kedua pihak kemudian ditutup dengan kegiatan shooting untuk yang perdana. Kegiatan shooting yang dimaksud, yaitu pengambilan gambar aktivitas belajar-mengajar di kelas untuk dikemas menjadi VIPI. Sombo menjelaskan, kegiatan pembelajaran di kelas juga dapat menjadi contoh dan sumber ilmu bagi penonton VPI. Termasuk di dalamnya kreativitas guru-murid, sistem pembelajaran dan materi yang disampaikan guru di depan kelas. (wr/ed: Lia)

Most Popular

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top