Selasa, April 23, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKomik Pendidikan Kipin Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dari Faktor Risiko Kanker yang...

Komik Pendidikan Kipin Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dari Faktor Risiko Kanker yang Mematikan

Ilustrasi seseorang yang tengah mendapat tindakan perawatan di rumah sakit (Photo by Olga Kononenko on Unsplash)
Photo by Olga Kononenko on Unsplash

Tubuh manusia terdiri atas sel dasar yang membentuk berbagai komponen. Sel terbentuk sesuai dengan kebutuhan tubuh, apabila sudah rusak atau tua, sel akan mati dan siklus berlanjut dengan membentuk sel yang baru untuk menggantikannya. Akan tetapi, terdapat perubahan genetik yang mengganggu proses pembentukan sel sehingga ia tumbuh secara tak terkendali.

Kanker menjadi penyakit dimana sel-sel dalam tubuh tumbuh dengan abnormal. Sel-sel yang telah menjadi tua tidak mati, namun terus bertumbuh secara tidak terkendali sehingga membentuk sel-sel baru yang tidak normal, menyebar ke berbagai bagian tubuh. Lama kelamaan, kumpulan sel tidak normal ini membentuk masa jaringan berupa tumor. 

Ilustrasi seseorang dibawa ke ruang operasi di rumah sakit (Photo by Hush Naidoo Jade Photography on Unsplash)
Ilustrasi seseorang dibawa ke ruang operasi di rumah sakit (Photo by Hush Naidoo Jade Photography on Unsplash)

Menurut Buku Panduan Hari Kanker Sedunia tahun 2023, kanker menjadi penyakit yang menyebabkan kematian dengan peringkat nomor 2 di dunia. Hingga saat ini, penanganan penyakit kanker dilakukan dengan beberapa tindakan seperti terapi, radioterapi, operasi, dan kemoterapi. Namun, menerapkan upaya preventif dengan menghindari penyebab-penyebab kanker menjadi tindakan tepat yang dapat dilakukan sejak dini.

Upaya preventif dalam mencegah kanker dapat diwujudkan melalui media informasi yang tepat dan lengkap, tidak terkecuali anak-anak. Sebab dengan melakukan upaya pencegahan sejak dini, tidak hanya menghindarkan diri dari penyakit kanker secara spesifik, namun juga berbagai penyakit lain serta menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Pendidikan.id sebagai edutech yang berfokus pada pengembangan digitalisasi pendidikan, menyajikan konten literasi mendidik berwujud komik literasi.

Halaman depan komik literasi ‘Mencegah Kanker’

Melalui komik literasi, pembaca terutama anak-anak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari berbagai ranah yang disajikan melalui media cerita dan ilustrasi menarik. Hal tersebut untuk meningkatkan minat baca dan memberikan konten yang senantiasa berkualitas. Salah satu komik literasi dalam upaya memberikan pengetahuan kesehatan tersaji dalam koleksi berjudul ‘Mencegah Kanker’.

Dikisahkan sebuah keluarga kecil dari Pak Pramanto yang hidup di suatu desa. Pak Pramanto bekerja selama lebih dari 20 tahun di sebuah tambang dan memiliki kebiasaan merokok yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Akibatnya, kini Pak Pramanto mengidap penyakit kanker paru-paru. Ia kini telah menerapkan pola hidup sehat, mengingatkan keluarga dan warga sekitar akan pentingnya menjaga kesehatan, serta menerapkan pola hidup untuk mencegah kanker. 

Melalui komik literasi ‘Mencegah Kanker’ diberikan paparan informasi mengenai penyakit kanker yang merupakan penyakit mematikan dengan obat yang belum ditemukan secara pasti. Tokoh Pak Parmanto juga memberikan sudut pandang baru dari penderita kanker yang mendapat paparan faktor risiko dari lingkungan dan kebiasaan. Kini, ia mengajak orang-orang di sekitar termasuk pembaca untuk mawas terhadap pola hidup agar tetap menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari penyakit mematikan ini. 

Cuplikan isi komik literasi ‘Mencegah Kanker’

Berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, mengkonsumsi makanan dan minuman penuh gizi, hindari merokok dan minuman beralkohol menjadi tips untuk mencegah kanker secara alami. Mari, cintai kesehatan diri dengan menerapkan kebiasaan dan pola hidup sehat, juga sebarkan pengetahuan akan penyebab dan pencegahan penyakit kanker bagi orang-orang terkasih.

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments