Senin, April 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanMelestarikan Permainan Tradisional dengan Mengenalnya melalui Komik Pendidikan

Melestarikan Permainan Tradisional dengan Mengenalnya melalui Komik Pendidikan

Ilustrasi anak-anak sedang bermain lompat tali bersama (gambar : istockphoto)
Ilustrasi anak-anak sedang bermain lompat tali bersama (gambar : istockphoto)

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan dan keanekaragaman budaya yang sangat melimpah di mana setiap daerah memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Namun seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi, terdapat beberapa budaya yang terancam punah dan menghilang. Saat ini, salah satu warisan budaya yang memprihatinkan keberadaanya adalah permainan tradisional. Perkembangan teknologi secara perlahan menghapus permainan tradisional dan menggantinya dengan permainan berbasis digital yang dapat diakses melalui smartphone atau biasa disebut game online.

Pada dasarnya permainan tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang keberadaannya harus dilestarikan. Oleh sebab permainan tradisional dimiliki oleh setiap daerah di penjuru Indonesia, maka sudah tentu memiliki kekayaan budaya, sejarah dan makna khas di baliknya. Tidak hanya menjadi sarana bermain dan hiburan bagi anak, permainan tradisional memuat nilai nilai kearifan lokal dan manfaat yang besar. Melalui permainan tradisional, anak-anak dapat belajar nilai kebersamaan, kerjasama, ketekunan, kejujuran, tolong-menolong, tanggungjawab dan persaudaraan. Namun yang terjadi saat ini adalah mayoritas anak-anak lebih menyukai game online yang lebih praktis dan dapat diakses di manapun. 

Disebutkan pada hasil penelitian Brian Sutton Smith (2012) bahwa permainan tradisional di New

Zealand telah punah seiring berkembangnya zaman dan digantikan oleh permainan baru. Fakta tersebut adalah hal yang mungkin akan terjadi di Indonesia mengingat saat ini sudah sangat amat jarang anak-anak bermain permainan tradisional, bahkan nama dan jenis permainan tradisional menjadi asing di telinga mereka. Terputusnya pewarisan budaya oleh generasi sebelumnya juga menjadi faktor besar terkait kepunahan permainan tradisional, para orang tua kurang antusias dalam memberikan informasi dan pengajaran terkait permainan tradisional. Iklan dan promosi game online yang banyak beredar dimana-mana juga menjadi faktor mengapa anak-anak semakin menggemari permainan digital dan tidak ada kesempatan bagi mereka untuk mencoba  mengenal permainan tradisional.

Ilustrasi anak-anak sedang beraktivitas di luar ruangan (gambar : istockphoto)
Ilustrasi anak-anak sedang beraktivitas di luar ruangan (gambar : istockphoto)

Sehingga saat ini yang harus dilakukan adalah membuka jendela informasi anak-anak Indonesia untuk mengenal apa itu permainan tradisional, langkah awal apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut? Pendidikan.id hadir sebagai perusahaan yang bergerak pada pengembangan teknologi pendidikan yang menyediakan ribuan buku dan konten pembelajaran yang bertujuan untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan siswa, sekaligus tenaga pengajar di Indonesia. Salah satu konten pembelajaran yang tersedia adalah komik literasi berbentuk digital yang dapat diunduh secara GRATIS bagi seluruh anak-anak Indonesia. 

Pada zaman serba digital ini, Komik Literasi menjadi salah satu metode tepat untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Indonesia sehingga setiap anak dapat berkesempatan untuk memperoleh bacaan yang menarik dan mendidik. Terdapat beragam jenis kategori konten pada komik literasi diantaranya seri pendidikan moral, seri pendidikan kesehatan, seri pengetahuan alam, seri pengetahuan umum, seri sejarah, seri motivasi dan pra sekolah. Banyaknya kategori yang disajikan membuat komik-komik ini dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran utama, bahan referensi maupun bacaan saat senggang. 

Sampul komik literasi ‘Serunya Permainan Jadul’

Salah satu komik literasi pada seri pengetahuan umum berjudul “Serunya Permainan Jadul” sangat cocok untuk menambah wawasan anak terkait permainan tradisional. Pada komik literasi ini, disuguhkan informasi mengenai berbagai macam permainan tradisional yang disertai ilustrasi dan jalan cerita yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan untuk membacanya. Dalam komik tidak hanya mengulas jenis dan macam permainan tradisional saja, terdapat muatan informasi mengenai sejarah, cara bermain dan nilai serta manfaat positif yang dimiliki oleh setiap permainan tradisional. 

Komik literasi “Serunya Permainan Jadul” bertujuan untuk menyadarkan anak-anak tentang betapa serunya permainan tradisional, dengan begitu anak-anak akan lebih memahami dan tertarik untuk mencoba berbagai macam permainan tradisional. Sebagai generasi pewarisan budaya sudah menjadi kewajiban setiap anak-anak Indonesia untuk mempertahankan eksistensi dari permainan tradisional. Sehingga mereka juga wajib untuk memiliki wawasan untuk nantinya berperan sebagai dapat mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional agar keberadaannya tidak hilang dan punah. 

Permainan tradisional adalah aset bangsa Indonesia, maka melestarikan permainan tradisional bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan lembaga pendidikan saja tetapi juga tugas seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat dapat berperan aktif dalam melestarikan permainan tradisional dengan mengenalkannya kepada generasi muda melalui kegiatan kebudayaan, festival daerah, ataupun kegiatan desa. Dengan menjaga dan melestarikan permainan tradisional, generasi muda akan tetap terus terkoneksi dengan identitas budaya mereka, karenaa mereka yang akan berperan sebagai pewaris budaya yang bertugas menyampaikan informasi terkait permainan tradisional kepada anak cucu mereka. Semoga upaya melestarikan permainan tradisional di Indonesia dapat terus berlanjut dan menjadi warisan yang tak ternilai bagi generasi-generasi mendatang.

Cuplikan komik literasi ‘Serunya Permainan Jadul’

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya? download  sekarang di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments