Wednesday, October 5, 2022
spot_img
HomeDUKIPerjuangan Menjadi Guru Digital Berbuah Penghargaan sebagai Apresiasi dari Bupati Aceh Tenggara

Perjuangan Menjadi Guru Digital Berbuah Penghargaan sebagai Apresiasi dari Bupati Aceh Tenggara

Suasana Belajar di Kelas SD Negeri 2 Lawe Dua
Kepala Sekolah bersama Siswa SD Negeri 2 Lawe Dua, Aceh

Uli Hartati, S.Pd merupakan salah satu guru yang mengajar di SD Negeri 2 Lawe Dua, Aceh, Tenggara Timur yang berhasil menyelenggarakan pembelajaran digital kepada para siswanya.  Pada tahun 2019 sekolah SD Negeri 2 Lawe Dua mendapatkan bantuan afirmasi berupa tablet 26 pcs dan di tahun 2022 mendapatkan bantuan chromebook 15 pcs.

Dengan fasilitas tersebut, Uli Hartati menghadirkan pembelajaran secara digital dengan memanfaatkan aplikasi ”Kipin School”. Bu Hartati mengenal Aplikasi Kipin ketika beliau mengikuti webinar Pendidikan.id, dan Ia menyadari manfaat yang sangat besar bagi para siswanya. Menurutnya, Aplikasi Kipin School sangat mudah digunakan dan menyediakan ribuan konten pembelajaran dari berbagai jenis yang dapat membantu para siswa untuk belajar di sekolah tanpa kesulitan untuk mencari buku, bahkan mendapatkan materi pelajaran yang melimpah. Akibatnya, siswa sangat senang dan antusias dalam kegiatan belajar di sekolah.

Siswa SD Negeri 2 Lawe Dua, Aceh

Kipin menyediakan fasilitas untuk guru dan siswa menyelenggarakan pembelajaran secara praktis dan efektif melalui

  1. Ribuan konten pembelajaran lengkap (Buku Kurikulum Merdeka + ribuan buku pelajaran lainnya, video pelajaran, latihan soal layaknya quiz menarik bagi siswa, dan ratusan komik literasi pendidikan untuk meningkatkan literasi anak dan pengetahuan umum anak).
  2. Perpustakaan digital internal sekolah, dimana sekolah bisa mengupload dokumen dan video untuk diakses oleh siswa.
  3. Software Asesmen Digital yang support AKM, dengan berbagai jenis soal, model ujian, dan sistem koreksi otomatis sehingga meringankan beban guru.

Uli Hartati aktif membagikan kegiatannya di media sosial saat kegiatan pembelajaran, termasuk pada saat  melakukan sosialisasi ke pihak dinas kabupaten melalui Kepala Bidang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) tentang Aplikasi Kipin yang telah digunakan beliau untuk membantu kegiatan proses belajar mengajar.

Perjuangan Uli Hartati meluangkan waktunya di tengah-tengah kepadatan kegiatan, untuk mengikuti Pelatihan Guru Digital yang diselenggarakan oleh Kipin berbuah manis. Berkat antusias dan aktivitas yang dilakukan untuk terus menjadi guru yang terbaik, menjadikan Uli Hartati mendapatkan penghargaan dari Bupati Aceh Tenggara sebagai apresiasi menjadi Guru Digital pada saat Hari Pendidikan Nasional, 1 Mei 2022.

Uli Hartati, S.Pd
Uli Hartati, S.Pd

“Saya berterimakasih telah memperoleh ilmu dari Pelatihan Guru Digital yang dapat membawa perubahan yang luar biasa bagi saya dalam menjalankan tugas saya sebagai guru di sekolah” Tutur Uli Hartati.

Penulis:
Nyimas Nafisah

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments