Jumat, April 26, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBelajar Jenis, Sumber dan Perpindahan Energi Melalui Komik Literasi Bertopik Pengetahuan Alam

Belajar Jenis, Sumber dan Perpindahan Energi Melalui Komik Literasi Bertopik Pengetahuan Alam

komik literasi komik pendidikan komik edukasi komik anak-anak
Cuplikan isi komik literasi digital ‘Dari Mana Datangnya Si Energi?’

Anak-anak SD Mahoni sedang mengadakan persami di alam terbuka. Saat api unggun dinyalakan sore harinya, Ria dan Yudha duduk sambil mengulurkan tangan ke api unggun. Yudha bertanya-tanya bagaimana bisa tubuhnya jadi hangat saat mendekat ke api unggun. Pak guru yang duduk di sebelah mereka pun menjelaskan perpindahan energi panas dan jenis-jenis energi lainnya.

Pendidikan.id menerbitkan komik berjudul ‘Dari Mana Datangnya Si Energi?’ sebagai acuan belajar anak-anak tentang energi, salah satu topik dalam ilmu pengetahuan alam. Komik ini menjelaskan jenis-jenis energi yang terbagi menjadi energi panas, cahaya, gerak, bunyi, listrik dan kimia. Energi-energi tersebut dihasilkan dari berbagai sumber energi seperti matahari, api, angin, air, pita suara dan benda/kegiatan manusia lainnya.

Ada banyak contoh energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang diuarikan dalam komik ini. Misal, energi panas dapat dirasakan ketika kita mendekatkan tubuh kita pada api. Energi cahaya nampak pada ruangan yang semula gelap menjadi terang ketika lampu dinyalakan. Hal itu terjadi karena ada perpindahan energi dari sumber energi (api dan lampu) ke benda-benda di sekelilingnya (manusia dan ruangan).

Komik yang masuk dalam seri pengetahuan alam ini dapat menjadi bahan belajar siswa-siswi, baik sebagai pengetahuan dasar ataupun referensi pembelajaran di sekolah. Meski belum sempat dipelajari di sekolah, anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan dasar mengenai energi dari komik ini. Di sisi lain, anak-anak juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai energi dari komik ini jika memang mereka sulit menerima materi yang dipelajari di sekolah.

Nita, perwakilan tim komik literasi mengatakan bahwa komik ini sengaja didesain dengan cerita dan gambar yang menarik. Sehingga jika anak-anak mulai bosan dengan sistem pengajaran atau penulisan buku paket di kelas, menurutnya anak-anak tetap bisa mempelajari materi yang sama melalui komik literasi ini.

komik literasi komik pendidikan komik edukasi komik anak-anak
Cover komik literasi digital ‘Dari Mana Datangnya Si Energi?’

Komik ‘Dari Mana Datangnya Si Energi?’ dapat dibaca dan didownload gratis di http://komik.pendidikan.id/baca-komik/darimana_datangnya_si_energi.html. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital atau aplikasi Toko Buku melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 17 tahun. Terdapat berbagai jenis kategori konten pada komik literasi yaitu Seri Pendidikan Moral, Seri Pendidikan Kesehatan, Seri Pengetahuan Alam dan Seri Pengetahuan Umum. Komik literasi dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran utama, bahan referensi maupun bacaan saat senggang.

Yuk, belajar tentang energi di komik pendidikan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments