Rabu, Juni 19, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi, Hindarkan Hobi dari Adiksi, Wujudkan dalam Profesi

Bersama Komik Literasi, Hindarkan Hobi dari Adiksi, Wujudkan dalam Profesi

Seorang perempuan bermain permainan daring dengan sangat antusias (Sumber: Envato)
Seorang perempuan bermain permainan daring dengan sangat antusias (Sumber: Envato)

Memiliki kegemaran atau hobi dapat menjadi hiburan dan mengisi waktu luang. Contohnya hobi dalam berolahraga, bercocok tanam, bersepeda, menggambar, dan bermain video game. Akan tetapi, seseorang hendaknya memiliki kadar dan batas untuk melakukan hobi sehingga tidak melupakan tanggung jawab dan pekerjaan yang dimilikinya. Seperti ketika seseorang memiliki hobi bermain video games lebih dari 10 jam sehari, lama-kelamaan dapat menjadi sebuah adiksi sehingga ia melalaikan kewajiban yang seharusnya menjadi prioritas. 

Adiksi pada suatu kegiatan dapat dikenali melalui beberapa ciri. Menurut penjelasan dr. Kristiana Siste, dokter spesialis kedokteran jiwa, mengutip laman CNN Indonesia dari siaran langsung dr. Kristiana Siste di media sosial Siloam Hospital (30/11/2021), jangan sampai hobi menjadi adiksi hingga memberi efek negatif bagi inti kehidupan seseorang. Ciri-ciri hobi yang mengarah ke adiksi seperti jam tidur terganggu, durasi aktivitas yang melibatkan hobi yang berlangsung berjam-jam lamanya, hilangnya kendali atas diri, kesalahan pengaturan prioritas, dan tidak menghiraukan dampak negatif yang telah terjadi. 

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengatur hobi agar berjalan dengan batasan normal dan tidak mempengaruhi tanggung jawab diri sendiri? Pendidikan.id sebagai platform yang memberikan layanan digitalisasi pendidikan, menghadirkan produk yang bermanfaat untuk menunjang edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah karya konten literasi berwujud komik. Melalui suguhan cerita dan ilustrasi yang menarik, maka minat baca anak-anak dan remaja di Indonesia akan meningkat. Selain cerita dan ilustrasi, tujuan peningkatan pendidikan diwujudkan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan yang ada dalam komik literasi ini. 

Halaman depan komik literasi “Main Game Bisa Jadi Profesi”

Konten komik literasi berjudul “Main Game Bisa Jadi Profesi” merupakan komik literasi dalam seri pendidikan moral yang menceritakan seorang anak laki-laki bernama Riko, siswa kelas 3 SMA yang banyak menghabiskan waktunya bermain game online. Sejak bangun tidur, pulang sekolah hingga larut malam, ia gunakan waktunya berkutat di depan komputer untuk bermain game. Sebagian besar waktu saat di rumah yang ia habiskan untuk bermain game tentu mengorbankan jam belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Sering kali, ia juga bangun terlambat dan tertidur di jam pelajaran.

Kebiasaan Riko tersebut membuat khawatir guru sekolah dan orangtuanya. Riko menjelaskan pada orangtuanya bahwa tidak hanya sekadar menyalurkan kegemaran, ia juga mengikuti turnamen game online dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang. Ia juga menunjukan minat besarnya dalam dunia game. Setelah berdiskusi, Riko dan orangtuanya merencanakan rencana perkuliahan dan karir masa depan yang akan dipilih Riko sebagai pengembang game. 

Seorang game developer tengah menyusun program game online (Ilustrasi. Sumber: Envato)
Seorang game developer tengah menyusun program game online (Ilustrasi. Sumber: Envato)

Dikisahkan melalui komik literasi “Main Game Bisa Jadi Profesi” bahwa kegemaran seseorang yang tidak diikuti dengan perilaku yang bijak dapat berubah menjadi aktivitas penuh adiksi dengan dampak buruk yang mengikuti. Manajemen waktu menjadi hal penting yang harus ditanamkan setiap orang dan dilatih sejak dini, agar dapat menyeimbangkan waktu untuk menunaikan kewajiban dan kegemaran yang dimiliki. Seperti halnya Riko yang pernah merasakan dampak dari kegemaran bermain game online yang kurang bijak, kini dapat mengarahkan kegemarannya bermain game sebagai minat yang mendasari rencana masa depannya.

Bukan hanya memanfaatkan kegemaran bermain game untuk kesenangan dan mengikuti turnamen, peluang profesi dalam ranah tersebut terbuka lebar. Pendidikan.id memberikan contoh profesi yang berhubungan dengan penciptaan game yaitu game designer dan game programmer. Langkah mencapai karir tersebut tidak lepas dari pendidikan yang harus ditempuh, yaitu dengan menyesuaikan latar belakang pendidikan yang dapat mendukung pengembangan keahlian posisi tersebut seperti jurusan sistem informatika, animasi, desain komunikasi visual, dan masih banyak lagi. 

Cuplikan isi komik literasi “Main Game Bisa Jadi Profesi”

Maka dari itu kenali kegemaran, hobi serta minat dalam diri. Lakukanlah hobi dan kegemaran tersebut dengan bijak dengan tetap menghiraukan tanggung jawab yang dimiliki seperti tahapan pendidikan wajib. Dengan pengelolaan minat yang baik dan bijak tersebut, dapat berkembang menjadi profesi yang memberikan hasil dan pengembangan karir di masa yang akan datang!

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

    RELATED ARTICLES

    Most Popular

    Recent Comments