Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Komik Pendidikan: Kisah Haid Pertama Aliya Sebagai Pembelajaran Bagi Siswi Menjelang Pubertas

komik literasi komik pendidikan komik anak-anak
komik literasi digital komik pendidikan komik edukasi komik anak-anak

Cuplikan isi komik literasi ‘Haid Pertamaku’

Saat Aliya bermain dengan teman-temannya pada jam istirahat sekolah, perutnya terasa sakit. Ia pun segera pergi ke toilet. Namun di dalam toilet, ia merasa roknya basah dan berbau. Ketika ia membuka celana dalamnya, ia sangat kaget melihat adanya darah. Aliya ketakutan, dan menangis. Ia takut ada sesuatu terjadi pada dirinya. Teman-teman yang mendengar tangisnya dari luar segera memanggil ibu guru. Untungnya ibu guru berhasil menenangkan Aliya, dan menjelaskan bahwa dirinya hanya mengalami menstruasi. Ibu Guru juga menguraikan segala hal yang perlu diketahui tentang menstruasi pada Aliya serta teman-temannya.

Seperti kisah Aliya, masih banyak anak-anak di Indonesia yang belum ter-edukasi dengan baik mengenai pengetahuan tentang reproduksi. Khususnya pada anak perempuan, banyak dari mereka yang baru mengetahui apa itu menstruasi pada hari pertama mereka mengalaminya. Tidak ada informasi sebelumnya bahwa mereka akan mengalami hal ini seiring datangnya masa pubertas.

Kurangnya pengetahuan akan menstruasi dapat menyebabkan rasa takut, malu dan muncul berbagai pemikiran yang salah. Alih-alih berpikir soal fungsi alamiah tubuh, anak-anak justru memandang menstruasi sebagai aib, atau mungkin penyakit menakutkan. Jika dibiarkan, ketidaktahuan anak-anak tentang menstruasi ini dapat menimbulkan berbagai masalah sosial. Berbagai masalah seperti minder, rasa takut yang berlebihan atau bahkan berujung pada pengucilan dan bullying.

Pendidikan.id turut menyadari, betapa pentingnya pengetahuan tentang menstruasi disampaikan pada anak-anak khususnya perempuan. Maka sebagai bentuk kontribusi pada dunia pendidikan, Pendidikan.id menerbitkan komik literasi digital berjudul “Haid Pertamaku.” Komik ini dirancang untuk anak-anak perempuan usia menjelang pubertas. Informasi yang terselip sangat lengkap, yaitu mengenai hal-hal berikut ini:

  1. Apa itu haid/menstruasi
  2. Kapan mulai terjadi menstruasi dan siklus bulanannya.
  3. Beberapa hal yang terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, seperti keluarnya darah dan perubahan suasana hati
  4. Macam-macam pembalut
  5. Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan diri, seperti kapan harus mengganti pembalut dan membersihkan daerah kemaluan
  6. Tips jika berada di luar rumah saat menstruasi, seperti membawa pembalut lebih dari satu dan bagaimana membuang pembalut yang benar
  7. Asupan makanan-makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh saat menstruasi
  8. Saran-saran saat merasa tidak nyaman atau sakit haid
  9. Kiat jika terdapat noda darah pada pakaian saat berada di sekolah.
komik literasi komik pendidikan komik anak-anak

Cover komik literasi ‘Haid Pertamaku’

Topik mengenai menstruasi bukan berarti secara khusus hanya boleh dibaca anak-anak perempuan. Bagi anak laki-laki yang ikut membaca, cerita Aliya dapat membuat mereka turut mengerti proses alamiah yang terjadi pada tubuh perempuan. “Sehingga tidak ada lagi yang namanya pembullyan dari anak laki-laki untuk anak perempuan yang sedang haid,” terang Nita, perwakilan komik pendidikan.id.

“Harapannya, komik Haid Pertamaku dapat mewakili para guru dan orang tua dalam menginformasikan menstruasi kepada siswa atau anak-anaknya,” imbuh Nita.

Komik ‘Haid Pertamaku’ dapat dibaca dan didownload gratis di komik.pendidikan.id atau langsung dari http://bsd.pendidikan.id/data/komik/. Bisa juga didownload di aplikasi Buku Sekolah Digital melalui smartphone dengan membuka menu komik pendidikan.

Komik pendidikan dibuat khusus oleh Pendidikan.id untuk bacaan literasi yang bermutu, positif dan menarik bagi anak-anak Indonesia mulai dari usia 3 – 12 tahun. Selain bisa untuk dibaca anak-anak, komik ini sangat cocok sebagai bahan dongeng bagi orang tua. Sehingga orang tua tak perlu lagi membeli banyak buku untuk mencari bahan dongeng, melainkan cukup dari tablet atau smartphone. Semua komik dapat diakses secara gratis, baik melalui website ataupun aplikasi smartphone. Yuk, baca cerita haid pertama Aliya di komik pendidikan!

Most Popular

To Top